Kartu Kuning On Your Hand

Kartu Kuning
Kartu Kuning

Bagi pencari kerja Kartu Kuning adalah benda berharga selain Ijazah, Transkip dan KTP. Kartu kuning ini biasa digunakan untuk melamar kerja, baik itu untuk ke instansi pemerintahan atau ke pihak swasta.

Bagaimanakah cara pengurusannya ?

Di Pekanbaru, kita cukup mendatangi KPT alias Kantor Pelayanan Terpadu yang terletak di jalan Cut Nyak Dien (di belakang kantor walikota). KPT tidak hanya melayani kepengurusan Kartu Kuning saja tapi juga pengurusan fiscal, NPWPD, reklame, izin trayek, IMB, dan lain-lain. Datangi saja salah satu konter, yang di bagian meja batunya tertulis “Syarat-Syarat Pengurusan Kartu Kuning” (kira-kira bunyinya seperti itu :) ).

Sebelum datang ke sana, ada baiknya mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, diantaranya:

- Fotokopy ijazah (2 lembar)

- Fotokopi KTP (2 lembar)

- Pas foto 3 x 4 (4 lembar)

- Peralatan tulis, nantinya bakal ada form yang harus anda isi

(Catatan: Syarat-syarat ini adalah syarat umum yang juga berlaku untuk daerah lain)

Setelah berkas-berkas diserahkan berikut form yang diberikan petugas, anda tinggal menunggu beberapa menit (sekitar 20-30 menit). Insyaallah kartu kuning anda akan segera selesai. Cukup membayar Rp. 5000 untuk biaya administrasi, kartu kuning akan segera ada di tangan anda.

Tahap berikutnya, foto kopilah kartu kuning tsb sesuai kebutuhan. Kemudian legalisir di kantor DepNaKer, yang terletak di jalan Kapling. Jika anda menggunakan motor, perjalanan akan memakan waktu sekitar 15 menit. Selesai dilegalisir, foto kopian kartu kuning itupun dapat dipergunakan sebagaimana mestinya…

About these ads

10 thoughts on “Kartu Kuning On Your Hand

  1. bisa difoto ga Put kartu kuningnya. Penasaran nih. Belon kebayang kyk apa. Yg keinget cuman kartu kuning kalo pelanggaran di bola :)

    Hm…Gitu, ya ?
    Ntar, deh…insyaallah…dimasukin…
    Setidaknya lebih lebar ketimbang kartu kuning di Sepak Bola he..he..

  2. HHmmm …
    Dulu ketika aku lulus kuliah …
    Aku pernah punya kartu ini …
    Tetapi aku tidak pergunakan …

    Sekarang apa khabar ya ?
    Mungkin kalo ngelamar jadi PNS masih dibutuhkan …
    Tapi kalo Swasta kayaknya tidak diperlukan lagi nih …

    Salam saya

    Iya…kalo melamar jadi PNS kartu kuning memang masih dibutuhkan, pak…
    salam

  3. wah aku sih ngga tau ini…aku pikir kartu kuningnya sepak bola hihihi
    EM

    Bukan, mbak…Tapi KArtu Pencaker alias kartu pencari kerja…maklum Putri khan job seeker :D
    DI Jepang ada kartu yang ‘sejenis’ dengan Kartu Kuning, gak, mbak ?

  4. ngga ada tuh…
    di jepang cari kerjanya waktu tingkat 3 jadi begitu lulus bulan maret, bulan aprilnya bisa langsung kerja
    gitchu….

    Oh, gitu, ya ?
    Kalo di Indonesia, tidak semua perusahaan besar bisa menerima mahasiswa yang belum tamat, mbak..

  5. mau nanya nih… sebelum mendapatkan kartu kuning kita harus online dulu melalui internet untuk database… nah mau nanya nih… situs resmi nya apa??

    Bisa langsung ke sini, mas

    http://infokerja.depnakertrans.go.id

    setelah daftar kita bisa langsung ke kantor depnaker untuk cetak AK-1..
    Demikian..
    Mohon maaf jika responnya terlambat, ya…

    Salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s