Metanol, Dulu… dan Sekarang…..!

        Metanol atau yang lebih dikenal dengan alkohol kayu atau metil alkohol adalah turunan alkohol yang paling sederhana. Metanol adalah cairan yang tidak berwarna, volatil dan mudah terbakar.

Sebenarnya metanol telah dikembangkan sejak tahun 1923.  Teknologi proses yang pertama kali dikembangkan adalah High Pressure oleh BASF. M. Pier, yang tergabung dengan BASFberhasil memproduksi metanol sintesis dengan tekanan 1000 bars dengan menggunakan katalis zinc cromate. Pabrik metanol sintesis pertama  dibangun di Leuna, Jerman. Amerika sendiri membangun pabrik metanolnya pada tahun 1926. Sayangnya, pada tahun 1930-1935 produksi metanol menurun secara drastis karena sintesis gas justru ditujukan untuk sintesis amonia.

Berkembangnya proses purifikasi dan gasifikasi terbaru berbasis hidrokarbon menjadi titik balik produksi metanol. ICI mengembangkan teknologi proses low pressure. Pabriknya didirikan di Billingham pada tahun 1966. Selanjutnya, teknologi metanol semakin berkembang, diantaranya seperti LURGI CORP, Mitsubishi Gas Chemical Company, dll. Setiap pemegang lisensi terus mengembangkan proses yang mereka punyai, mulai dari aktivasi katalis, pemanfaatan CO2, purifikasi dan reaktor sintesis metanol.

Metanol tidak hanya dapat disintesis dari gas alam tapi juga dari batu bara. metanol dari batu bara bahkan lebih sederhana dan mudah. Batu bara di pulverisasi dan dibersihkan lalu diumpankan ke gasifier bed. Batu bara ini direaksikan dengan oksigen dan  steam sehingga menghasilkan gas sintesis. Produksi selanjutnya sama seperti lazimnya pembuatan metanol dari gas alam. Hanya saja pembuatan metanol dari batu bara ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan proses yang berbahan baku gas alam.

Metanol digunakan sebagai bahan baku untuk zat kimia seperti formaldehid dan metil tertier butil eter, sebagai campuran bahan bakar yang ramah lingkungan. Metanol juga dikembangkan sebagai fuel cell. Di masa yang akan datang metanol juga dapat digunakan sebagai biosubstrat.

14 pemikiran pada “Metanol, Dulu… dan Sekarang…..!

  1. thank you atas kunjungannya lieza…:)
    Saya tidak punya banyak literatur tentang metanol dari riset. Kebetulan data-data metanol yang saya punya hanya berkisar tentang pabriknya…maklum, METANOL adalah tugas akhir saya..
    Penelitiannya tentang metanol, ya ? Good Luck, ya!

  2. metanol klo dicampur bensing kaya etanol bisa gak? trus klo bisa perbandingan yang optimal berapa persen? please kasih tahu dong

    He..he.. (garuk-garuk kepala gak jelas)
    Mohon maaf, nih , mas…Masih belum ketemu perbandingan yang pas untuk Metanol dan bensin..Bensin di sini maksudnya premium bukan ?
    Jika saya sudah dapat..insyaallah..ntar ditambahin, deh..

  3. mau nanya.. kalo di pabrik formaldehid kan bahan bakunya pake methanol juga, kadar methanol yang dipake biasanya brapa persen ya range nya?

    Kalo kadar metanol yang digunakan pada pabrik formaldehyd saya kurang tahu, mbak…
    Tapi setahu saya, grade metanol yang beredar di pasaran ada beberapa level. Salah satunya grade AA yakni 99.98 % (ini adalah grade metanol terbaik di pasaran)

  4. permisi….
    mau tanya niyh…
    klo pembuatan formaldehid dari metanol,,,limbahnya apa saja y….skaligus produk samping nya apa aja…..????

    trims…
    keep repz


    hafiz..
    Berdasarkan yang saya ketahui…metanol dari formaldehid dari methanol menghasilkan formaldehid (sbg produk utama), methanol (byproduk) dan air (byproduk). Methanol di vaporasi di evaporator kemudian bercampur dengan udara yang selanjutnya dialirkan ke reaktor. Proses ini selanjutnya diteruskan ke absorber dan distilasi. Berikut saya berikan beberapa link ttg proses formaldehid dari methanol. semoga membantu..
    1.bahan formaldehid dari paten
    2. bahan formaldehid paten
    3.bahan formaldehid paten2
    4.formaldehid plant

  5. mas ? punya postingan/artikel tentang aplikasi metanol pada tanaman. lagi penelitian nih..

    Mas vigor…
    Mohon maaf..saya tidak punya postingan aplikasi metanol pada tanaman…
    Artikel yang saya punya hanya tentang proses pembuatan metanolnya saja..
    Semoga penelitiannya lancar, ya…

    salam sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s