Solar Cell…Fuel Alternatif?

Beberapa waktu yang lalu terdengar kabar tentang seorang pria yang akan mengadakan perjalanan keliling dunia. Hm…yang menarik pria itu, Louis Palmer, akan mengadakan perjalanan dengan menggunakanmobil yang berbahan bakar solar alias tenaga matahari. Mobil yang di desain untuk 2 orang itu terlihat kecil dan terkesan tidak ‘menarik’. dari apa yang terlihat, mobil itu cukup kecil dan pada bagian belakangnya terdapat sejenis papan (tapi tidak terbuat dari kayu) yang dipergunakan sebagai alat untuk menangkap sinar matahari.

Kendaraan jenis ini menyimpan energinya dalam baterei. Well, sayangnya saya pribadi masih belum tahu mekanisme kerjanya…berbeda ataukah sama dengan fuel cell ?

Hm…setelah mencari berbagai sumber tentang sel surya. Ada beberapa tulisan yang ingin saya share di sini. Sel surya mengkonversi energi cahaya menjadi energi listrik. Biasanya kita melihat teknologi ini diterapkan pada kalkulator dan jam. Jadi, energi matahari yang diserap kemudian menabrak elektron terluar dari atom sehingga elektron itu berpindah lalu menghasilkan listrik. Proses menkonversi cahaya (proton) menjadi listrik biasa disebut Photovoltaic (PV) effect.

Teknologi yang sedang dikembangkan adalah panel surya. Sel surya ini sendiri berupa lapisan tipis semikonduktor yang ketebalannya hanya beberapa mikrometer. Lapisan film tipis ini diletakkan di bagian atas atap rumah (untuk menyerap sinar matahari maksudnya..), Beberapa sel surya dirancang untuk hanya menyerap sinar matahari.Pengumpul sinar matahari ini mempergunakan lensa agar sinar matahari tepat (jatuh) pada bagian atas sel (http://www.renewableenergyworld.com/rea/tech/solarpv).

(sumber :http://www.nrel.gov/solar)

Mungkin yang sering lihat tayangan tentang Afrika sering juga ngelihatin panel surya jenis ini. Cuma bedanya mungkin gak terlalu mengkilap-mengkilap amat, ya…he..he..

Nah, supaya penjelasan diatas dapat dicermati dengan baik, kebetulan nemu ilustrasi yang pas banget dengan teori tsb (http://www.pv.unsw.edu.au/images/future-students/solar-cell_p-n.jpg).

Perkembangan termutakhir adalah pemakaian energi matahari sebagai sumber energi untuk seluruh listrik rumah tangga. Semua kebutuhan listrik di dalam rumah diperoleh dari energi matahari yang dikonversi. Wah..kebetulan dapet gambar kerennya (tak pampang saja di sini, ya..)

Jelaslah bahwa energi matahari memang salah satu energi terbarukan yang layak menjadi pilihan bagi umat manusia. Secara, harga minyak dunia yang terus-terusan naik diikuti komiditi migas lainnya (dan belum ada kecenderungan turunšŸ˜¦ ). Kita patut memikirkan segala cara untuk menyelamatkan energi.

Sekian dulu ulasan tentang energi matahari alias (solar cell-nya). Tidak begitu banyak memang..Mudah-mudahan bermanfaat.

5 pemikiran pada “Solar Cell…Fuel Alternatif?

  1. harga solar cell murah ga ?


    Setelah dicari-cari…akhirnya nemu “Fuel Cell Car and Experiment Kit”..kalo di sana kisaran harganya berdasarnya tempat penjualannya adalah antara $ 105, 6 – $149,99…bisa di cek di sini

  2. Sudah saatnya Indonesia memanfaatkan energi matahari yg begitu banyak lebih dari bangsa lain, bahkan Pakar solar cell sudah sangat banyak di Indonesia, hanya good will Pemerintah yg harus didorong dengan cara buat cashflow/ hitung2an apabila mengunakan Solar cell berapa keuntungan Negara, Masyarakat dan termasuk manfaatnya dalam mendorong tumbuh kembangnya Pendidikan, Ekonomi apabila pabrik Solar cell di bangun di Indonesia. jangan kita bergantung terus dari Bangsa2 lain…! Pertanyaan; Kenapa Pemerintah sampai saat ini belum membuat Regulasinya…! karena benturan banyak kepentingan oknum penguasa…! harus ada terobosan sebagai sebuah Gerakan Masyarakat dan Pakar….! Terima kasih. Jadilah Merdeka…!

    Sy sepakat sekali, pak…
    Sudah sebaiknya kita beralih ke energy2 alternatif…terutama solar energy. Negeri tropis seperti kita amat sangat diuntungkan dengan penggunaan metoda ini. Jika USA yang mataharinya tidak muncul sepanjang tahun saja mulai melirik metoda ini kenapa kita tidak ??
    Semangat!!

  3. Sebenarnya sejak 2002, saya juga dapat kesempatan untuk ikut mengupayakan Pembangunan Pabrik Solar Energy di Indonesia,(tepatnya di Papua) dengan pakar Putra-Putri terbaik Indonesia, Namun upaya tsb mengalami kendala Regulasi karena belum ada Aturan mainnya. hemat saya perlu terobosan Strategik dalam melaksanakan Pogram ini agar Rakyat Indonesia bisa menikmati kemerdekaannya secara Manusiawi. Jadilah Merdeka.!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s