A Little Tips For Facing Final Test

Sungguh tiada bermaksud menggurui ataupun sok menasehati…Tulisan ini dibuat untuk sekedar sharing saat saya menghadapi ujian akhir beberapa waktu yang lalu.

Ujian akhir laksana penentuan hidup mati-nya kita dalam dunia perkuliahan atau (kalau boleh dikatakan) dalam bahasa psikologisnya hidup matinya optimisme dalam melangkah ke tahap berikutnya.,,(wah kedengarannya rada ekstrem, ya..he..he..). Terkadang rasio kita justru stag atau mengalami fase pause sejenak karena dikalahkan rasa was-was dan grogi yang keburu menghantam diri. Berikut ini sedikit share tips dalam menghadapi ujian akhir/kompre/seminar just based on my experiences :

  1. Berdoalah

Biasanya doa selalu diletakkan diurutan terakhir dalam berbagai tips tapi kali ini saya meletakkannya diawal tips. Kenapa ? Bukankah kita selalu disarankan untuk memulai segala sesuatunya dengan menyebut nama Allah SWT. Maka tatkala kita tahu bahwa sebentar lagi atau bahkan sebulan lagi akan menghadapi ujian yang harus kita lakukan pertama kali adalah meminta kepada Sang Pemilik Kuasa. Berdoalah semaksimal mungkin, mintalah kepada Allah SWT nilai tertinggi, jalan kemudahan, kelapangan dalam berpikir dan segala hal… Bukankah tiada Dzat yang berhak diminta tolong selain Sang Pencipta? Kenapa harus ragu meminta?

“…..dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” QS. 1:5

  1. Persiapkan materi ujian

Belajar…! (seperti yang dikatakan Tuk Bayan Tula kepada Mahar dan Flo dalam Laskar Pelangi J ). Pelajari semua mata kuliah atau bahan-bahan yang terkait. Jika mungkin pelajari kisi-kisi soal, buat ringkasan tentang materi-materi tersebut dalam sebuah notebook hingga mudah dibaca dimana saja. Jangan terpaku hanya pada soal-soal yang sebelumnya, perluas bidang soal.

  1. Persiapkan mental

Hm…selalu berpikiran positif. Yakinkan diri bahwa segala sesuatu berada dalam jalur yang benar. Jangan biarkan ada celah bagi sikap atau pikiran pesimistis muncul. Jangan biarkan rasa takut dan cemas mengontrol diri…Kalau perlu untuk sementara puasakan dulu istilah-istilah yang mengendorkan semangat, misalnya kata gagal, kalau tidak lulus bagaimana ?, soal/pertanyaannya susah, dosennya serem, galak, menyeramkan, kata-kata penguji yang meneror dsb

  1. Persiapkan Pakaian yang akan dikenakan

Persiapkan segala sesuatu yang akan dikenakan dan dibawa saat ujian. Pakaian, dasi, sepatu, alat-alat tulis bahkan tas sebaiknya sudah dipersiapkan beberapa hari sebelum ujian. Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat. Pakaian yang ketat, misalnya kita memakai celana yang ukuran pinggangnya terlalu kecil, akibatnya kita sakit perut atau justru kesulitan bernapas. Hal ini akan mengganggu kosentrasi saat menjawab soal atau saat presentasi.

  1. Minta restu orang tua dan doa teman-teman

Orang tua adalah orang yang akan senantiasa mendoakan anaknya maka mintalah doa mereka, restu mereka. Begitu juga dengan teman-teman kita yang baik. Itulah salah satu kelebihan berteman dengan orang-orang yang sholeh…..Jika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan terpercik wanginya. Semoga Allah SWT berkenan mengabulkan doa orang-orang yang mencintai kita…sebab kita saling mencintai karena Allah SWT.

  1. Sarapan

Sarapan seperti biasanya…Jangan terlalu kenyang dan jangan terlalu sedikit apatah lagi tidak sarapan..jangan sampai menzalimi anggota tubuh. Jika sarapan kita cukup insyaallah kita juga lebih kosentrasi. Tidak terganggu karena perut yang sakit karena belum makan atau justu pengin ke belakang karena perut terlalu full J .

  1. Tiba di tempat ujian beberapa menit sebelum waktunya

On time adalah salah satu disiplin yang penting. Datang sebelum waktu ujian akan memberi beberapa keuntungan buat kita. Kita bisa warming up terlebih dahulu, menyesuaikan diri dengan lokasi ujian, mengatur segala sesuatunya agar kita merasa nyaman. Jika kita akan presentasi, ada baiknya kita berlatih sejenak di ruangan tersebut, mencek alat-alat yang akan digunakan. Apakah in focusnya sudah fix, apakah computer/laptopnya sudah tersedia dan bagaimana tampilan bahan presentasi kita dilayar sudah bagus atau tidak, apakah tulisan di power point dapat terbaca oleh penguji yang duduk 5 meter di depan atau sebagainya..

Itulah sedikit tips yang bisa saya share di artikel ini. Harapan saya tentunya kita semua bisa sama-sama belajar untuk menjadi lebih baik. Karena hidup adalah proses belajar dan dengan itu maka kita akan menjadi lebih hidup. Bukankah demikian ?

2 pemikiran pada “A Little Tips For Facing Final Test

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s