Kerja Praktek…..Kerja Praktek

from sarolangunjambiSebagaimana mahasiswa teknik lainnya, kerja praktek adalah suatu keharusan yang kudu dijalanin (maklum…termasuk salah satu mata kuliah). Maka akupun termasuk dalam deretan orang-orang yang sibuk mencari tempat kerja praktek yang cocok (dan menerima kami tentunya :D). Sesuai dengan bidang ilmuku akhirnya aku memutuskan untuk kerja praktek di PUSRI alias Pupuk Sriwidjaya. Alhamdulillah, aku dan seorang temanku diterima di sana. Rasanya sangat menyenangkan. Kamipun mulai menyiapkan materi tentang proses pembuatan pupuk dan membaca hal-hal yang berkaitan dengan hal tsb.

Deg…deg…deg…rasanya hati ini berdebar-debar saat menyaksikan tower-tower absorber yang menjulang, crystalizer yang kokoh berdiri, cooling tower yang menyimprat-nyimpratkan air. Uhm….begitu menyenangkan.

Meski begitu, hari pertama kami tidak langsung ke pabrik tapi diberi pengarahan dulu di diklatnya. Kami bertemu dengan beberapa mahasiswa lain, ada yang dari UGM, STP Jakarta, UNSRI. Tidak begitu banyak mahasiswa jawa yang KP waktu itu. Kebetulan kami KP-nya bulan September sementara mahasiswa jawa lainnya KP pada bulan Juli-Agustus. Aku berkenalan dengan teman-teman dari UNSRI dan STP Jakarta. Sayang sekali kami berbeda lokasi pabrik. Aku dan temanku ditempatkan di PUSRI IV. Keesokkannya, barulah kami melaksanakan kerja praktek di pabrik masing-masing.

Terus terang, menyaksikan PUSRI yang begitu luas dengan konsep tata letak yang begitu ‘pas’ rasanya sangat menyenangkan.

note: Foto-foto ini diambil dari mbah google…

Aku sudah sering melihat konsep Lay Out yang dibuat para seniorku di Tugas Akhir mereka dan rasa-rasanya Lay Out PUSRI ini mirip dengan Lay Out tsb. Semakin hari, aku semakin mengagumi bangunan beton yang terpancang kuat di bumi Sriwidjaya ini. Hatiku seolah menjerit-jerit kesenangan saat melihat bagaimana furnace, yang jika dari luar hanya terlihat seperti mobil box hitam, menyala-nyala mengeluarkan api yang begitu panas tepat dibawah kakiku. Wow…Gila…!!

Cooling tower yang begitu tinggi dan aku selalu kecipratan airnya jika berjalan melewatinya seakan jadi tugu selamat datang. Aku kagum…amaze...seolah menyadarkanku..Beginilah kelak jika kami benar-benar membangun menara Destilasi, Absorber, Stripper, Prilling Tower. Memandanginya seolah memandangi karya besar kami (heleh..heleh…agak berlebihan, nih :D). Seperti arsitek yang memandangi bangunan hasil rancangannya, kurasa seperti itulah aku memandangi tower-tower itu😀. Kurasa inilah yang menambah my desire, passion atas teknik kimia. Rasa cinta...yang aku akui tumbuhnya telat😦. Yah..biarlah telat asalkan sekarang rasa cintaku itu tumbuh tinggi menjulang menggapai langit (he..he…).

Berhubung aku punya sedikit foto-foto koleksi pribadi, kenang-kenangan waktu di PUSRI dulu, jadi aku ingin share sedikit dengan teman-teman. Ini nih foto-fotonya :

Tempat aku dan yang lain lunch

Head Office Pupuk Sriwidjaya         Tempat aku dan yang lain lunch

Tempat melepas ‘dahaga‘ akan kerinduan

Perpustakaan..Tempat kumenghabiskan sisa masa KP

Perpustakaan..Tempat kumenghabiskan sisa masa KP

Anjungan Kapal milik PUSRI dilihat dari Prilling Tower

Anjungan Kapal milik PUSRI dilihat dari Prilling Tower

Hm..terus terang, cerita kerja praktek ini adalah kisahku dua tahun lalu…mudah-mudahan memberi semangat buat teman-teman yang juga akan/atau bahkan sedang kerja praktek..Semoga kita semakin mencintai ilmu ini..dan memajukan bangsa kita. Amin..


46 pemikiran pada “Kerja Praktek…..Kerja Praktek

  1. wah bakal jadi ilmuwan yah ? Tehnik kimia….hmm…kayaknya rumit yah kalau kita mau otodidak🙂

    he..he..
    Udah belajar khusus juga mesti tetep pontang-panting baca buku😀

  2. Tak ada kata terlambat untuk mengajar ilmu, belajar adalah hal yang menembus ruang dan waktu, yang penting kesungguhan dan niat yang sungguh2.
    Indonesia akan bangkit, mandiri bersama pemuda2 yang sarat ilmu, amien

    Amiin…
    Semoga kita lekas bangkit..karena kita sudah tertinggal begitu jauh..

  3. wew..Kesungguhan dan niat ingin maju maksudnya ( komen diatas)….. Maklum klewat semangat ngomennya hehe😀

    Iya, mbak..Kita emang perlu manusia-manusia yang bersemangat baja…(ketularan semangatnya mbak Rita, nih :D)

  4. Entah kenapa gue terpaku pada kata Stripper. Lalu desire dan kemudian passion. Koq ya bisa bikin keyword yg mengarah hehehe….

    Duh..duh..mas sigit..mengarah kemana ? *bingung mode on
    Saya saking semangatnya..mengingat masa-masa KP yang menyenangkan🙂
    Stripper itu adalah salah alat di chemical plant yang cara kerjanya berlawanan dengan absorpsi sering juga disebut dengan ‘pelecutan’..

  5. gimana andak unsri ramah-ramah kan!
    hehehehhe

    Iya..mereka ramah2…bahkan dengan sangat baik hati bersedia ‘nebengin’ saya😀
    Alhamdulillah sampai sekarang masih sering sms-an…
    Btw, mas trendy ini anak unsri juga ?

  6. amiiin… katanya jendela dunia adalah ilmu pengetahuan.. bener gak yah.😆 Kalo gitu pintunya apa yah??

    Nama pintunya “Belajar”
    he..he…ini mah ngarang😀

  7. ooo itu dua tahun lalu, sekarang dah kerja di sana yah??
    selamat deh..
    anak KP kan biasanya (kadangkala) diekerjakan secara tidak manusiawi..
    disana kayak gitu gak??
    salam
    http://proletarman.wordpress.com


    ya..dua tahun yang lalu..saya KP di sana
    Kami semua diperlakukan sangat manusiawi, kok
    Belum..saya sedang mencari peluang bekerja ke sana…Amiin..mudah2an menjadi doa yang makbul:D

  8. hi sil,
    thx dah visit blogku.
    ingatanmu keren juga, pengalaman 2 taon lalu dkisahkan dg detil n penuh emosi. *biar seneng yg punya blog🙂 *
    mamang do’akan mudah2an jd pupuk eh masup PUSRI.

    Hi juga, mang..
    Ur welcome…thanks juga karena udah bersedia mampir di blogku🙂
    Saya seneng lho…:) # dg detil n penuh emosi……(mengutip komennya mang kumlod)
    Amin, deh, mang…Mudah2an dengan banyak yang doa-in semoga Terkabul cita-cita saya….

  9. jadi ingat KP ta juga put…

    Kupikir masa-masa KP, penelitian dan TA adalah masa-masa yang sangat memorable, ya, Ta…
    Soalnya semua perasaan campur aduk…all in one he..he..

  10. dah coba http://www.wikimapia.org? Silakan buka. Cara pakenya gampang aja. skala yg seperti penggaris di sisi kiri, makin keatas, makin besar gambarnya. Saran, pake kotak search di kanan atas, cari “Sapporo”. pilih “Sapporo-Hokkaido”. Dijamin, dari skala apapun juga, pemetaan kota itu cantik sekali. Silakan keliling Jepang. Semua kota ga jauh beda. Indonesia?😉

    Insyaallah..ntar di coba wikimapia-nya ..
    Saya masih di Indonesia, pak😀
    Ingin sekali bisa sampe ke Jepang *berdoa mode on

  11. wah, selamat melakukan kerja praktik, mbak putri, semoga lancar dan cepat kelas agar ilmunya segera bisa disumbangkan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, hehehehe😆

    Terima kasih atas doanya, pak Sawali…Insyaallah..mudah-mudahan ilmunya bisa segera diterapkan..:)

  12. wah saya ngiri gak pernah kerja praktek. jurusan di kuliah dulu kebeneran emang gak ada kerja praktek-nya

    he..he..he…tiap jurusan punya ‘sweet memory’nya masing-masing, mbak😀

  13. Ooo…, ternyata ini cerita 2 tahun yang lalu ya. Tapi kayaknya masih segar saja waktu menuliskan ini. Ok deh.., mudah-mudahan segera bisa mempraktekkan ilmu yang sudah didapat.

    Iya..he..he..
    Amin…Mudah-mudahan bisa segera dipraktekkan…

  14. hebat euy..padahal udah 2 tahun yg lalu..tapi masih ingat gituh, saking berkesannya ya kak putri..mudah2an deh kak putri bisa dapet kerja di sana (ada niat mo kerja di sana kak?😀 ).
    huhuuh..suka ngiri, karena di sini gak ada kerja prakteknya…^-^

    He..he…
    Ya..berkesan banget, Ya…
    Pengin banget jadi Engineer di sana😀
    Amin…Mudah2an tercapai, deh..

  15. Hhmm …
    Pupuk Sriwijaya … dua tahun lalu …
    wah itu pasti pengalaman yang mengesankan ya …
    Pengalaman kerja pertama …
    Walaupun cuma praktek dalam rangka kuliah …

    salam saya

    Yes…Tepat banget, mbak..
    Sangat mengesankan..Ntah mungkin karena saya baru pertama kali lihat Pabrik sebesar itu
    Apalagi..waktu ada kuliah perancangan dulu suka merasa gak yakin ada Alat,
    destilasi, misalnya, yang tinggi dan diameternya ampe bermeter-meter😀

    Salam kenal..

  16. tapi….klo ngga ada tempat tuk magang gimana ya? apa magangnya cuma ngitung jalan? keluar masuk mall? hiks…..

    btw, bs share dikit tentang mind map? cuma pengen tau aja, siapa tau nambah ilmu.
    salam kenal jg…:D


    Insyaallah ada…Biasanya perusahaan-perusahaan ato pabrik menyediakan tempat untuk mahasiswa KP..
    Hm..Ngitung jalan, ya? Biasanya itu kerjaannya anak SIpil..he…he..

    Hm..iya..saya sudah share ttg Mind Map di Blogmu yang ttg Tips Membaca..
    Semoga bermanfaat, ya…

  17. Senang melihat anak muda bersemangat praktek kerja. Jarang saya melihat anak muda seperti anda. Kemarin beberapa mahasiswa yang praktek kerja di tempat saya malas malasan. Padahal ditempat saya asyik lho. Kita bisa mendesain sendiri cooling tower, pondasi pondasi tangki, equipment2 berat, membuat layout untuk pabrik baru atau pengembangan. Dari mulai desain, menghitung BoQ, mencari kontraktor, tender dan pelaksanaan.

    Mendesain sendiri Cooling Tower?
    Wah..keren sekali, pak…
    Saya setuju jika Pak Datyo mengatakan bahwa Kerja Praktek ditempat bapak “asyik”…Mungkin saya bisa magang di sana😀

  18. jadi kebayang rasanya waktu kerja praktek dulu….

    semangat yah… banyaklah belajar di tempat kerja praktek😉

    Serasa sedang minum es krim di puncak, ya😀
    (nglantur..nglantur..he…he..)

  19. lagi bernostalgia ya ma kerja praktek🙂 foto2nya keren2 oiii !

    Ya…I’m in Memory of KP, nih…:D
    Soalnya KP-nya bener-bener BerkeSan😀
    Thank you…

  20. Waaa..jd inget jaman KP dulu.
    Keren keren.. so, sudah tercapaikah cita2 saat KP itu?

    Pastinya masa-masa KP mbak septy juga menyenangkan, ya..:D
    Belum..mudah-mudahan bisa terealisasikan….Amiin. Mohon doanya, ya..

  21. pacar saya juga teknik kimia … makanya unsur cintanya rumit, serumit ilmunya🙂

    He..he..Entah kenapa ada korelasi antara ilmu teknik kimia dengan para pelakunya😀

  22. @Dy
    Orang tekkim kadang rada aneh bin error..kebanyakan buat laporan, berkutat di lab, ato stress ngejar2 dosen..he..he…ya..ada Side Impact juga lah, Ya…
    @tukangobatbersahaja
    Yup..yupe..bener, mbak…Untunglah di TekKim gak harus berhadapan dengan virus..:))

  23. Cara “tandain” peta di wikimapia dah saya jawab di blog saya di bawah komentar kamu. Silakan baca, selamat mencoba. Kalo kamu dah bisa tandain rumah kamu, kasih tau saya. Rumah saya di “Cimanggu Permai”, selamat mencari😉

    Terima kasih, pak ato mas😉
    Ntar saya lihat, deh…Tapi yang ingin saya tanyakan itu bagaimana cara menghilangkan tanda-nya..soalnya saya mau buat tampak atas suatu kawasan..

  24. salam..

    wow, pusri ternyata megah juga yah, hehe.. baru nyadar. padahal aku asli orang palembang😦

    Salam
    He…he…”Terkadang melalui mata orang lain-lah sesuatu itu tampak megah”
    Begini-begini…dalam darah saya ada darah Palembang lho…😀

  25. Emang masa-masa belajar kayak gini membekaskan memory yang tak terlupakan. Pasti akan kita rindukan suatu saat nanti

    Masa-masa indah penuh perjuangan…apalagi saat mengerjakan tugas khususnya😀

  26. mau tanya, itu kalo KP di PUSRI dapet mess gk yah?? makasih


    Setahu saya PUSRI tidak menyediakan mess. Tapi, disekitaran PUSRI, Jl.Mayor Zein ada banyak kos-kosan yang biasa ditempati sama mahasiswa yang sedang KP di sana.

Tinggalkan Balasan

