Kampusku eFTe

Seyogyanya sebuah persinggahan, saya rasa tidak fair rasanya jika tidak menuliskan tentang kampus saya yang tercinta 🙂 , kampus teknik-ku.

Universitas Riau adalah salah satu universitas negeri yang ada di Pekanbaru, bersama UIN Suska keduanya ikut diperebutkan dalam kancah SNM PTN (zaman saya dulu namanya SPMB, dulunya lagi UMPTN, zaman baheulanya lebih dikenal dengan nama Sipenmaru). Selain kedokteran, fakultas teknik adalah favorit bagi para fresh graduate SMA. Bukan bermaksud promosi, tapi memang pada kenyataannya teknik memberikan sesuatu yang beda he..he..

Universitas Riau sendiri mempunyai 7 fakultas yakni: FISIPOL, Ekonomi, FMIPA, Perikanan, FKIP, Pertanian, dan Teknik. Kedokteran dan Keperawatan masih berada dalam naungan FMIPA sedangkan Hukum dalam FISIPOL sudah menjadi fakultas tersendiri begitu juga dengan Kedokteran.

Dahulunya Fakultas Teknik bernama Fakultas Teknik Non Gelar Teknologi (FNGT) pada tahun 1981 dengan empat prodi yaitu Teknik Sipil, Teknik Kimia, Penyuluhan Pertanian dan Sosial Ekonomi Pertanian. Pada tahun 1989 FNGT ditutup dan semua prodi dikembalikan ke fakultas pembinanya. Teknik Sipil dan Teknik Kimia membentuk Program D3 dibawah rektor pada tahun 1990, empat tahun berikutnya barulah program studi S1 dibuka. Kedua jurusan inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Teknik (sumber: Buku Pedoman Fakultas Teknik).

Dan inilah sekarang Fakultas Teknik, terdiri dari Teknik Kimia S1 dan D3, Teknik Sipil S1 dan D3, Teknik Mesin D3 dan Teknik Elektro D3 (sekarang malah sudah menerima mahasiswa untuk Teknik Mesin S1 dan Teknik Elektro S1).

Semua jurusan belajar dalam satu gedung, jadi tak heran saat masa pergantian kuliah, lobi teknik yang memang tak berdinding itu selalu ramai dilewati mahasiswa. Bangku-bangku akan terisi penuh. Aktifitasnya bermacam-macam, mulai dari diskusi kuliah yang baru saja berakhir ato tentang tugas. Ada juga yang ikut ngantri di fotokopian yang cuma satu-satunya di FT. Bagi yang rajin, tempat nongkrongnya adalah pustaka kami komplet ama buku-buku berbahasa inggris-nya😛

Perpustakaan

Perpustakaan (lagi sepi, nih..maklum khan lagi pada liburan)

Oh, ya konon katanya, susunan gedung FT kami , jika terlihat dari atas akan membentuk susunan CFT alias Campus Fakultas Teknik (he..he..blasteran Indonesia-Inggris). Enggak percaya ? Coba lihat kampusku.

Setiap jurusan mempunyai laboratorium masing-masing. Berhubung yang empunya blog jurusan teknik kimia 🙂 jadi saya hanya bisa menyebutkan nama-nama lab tempat kami biasa ngetem. Ini dia nama lab-nya : Lab. Teknologi Produk, Lab. Rekayasa Bioproses, Lab. Pemisahan dan pemurnian, Labtek I&II, Lab. Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis, Lab. Konversi Elektrokimia, Lab. Pengendalian&Pencegahan Pencemaran Lingkungan, Lab. Teknologi dan Bahan Mineral dan lain-lain.

Mohon maaf, sodara-sodara…lab-nya hanya mampu saya foto tampak depan & belakang saja..harap maklum dengan kemampuan saya mengambil gambar 🙂

Lab-lab di jurusan saya letaknya agak berjauhan, bahkan berbeda gedung satu dengan yang lain. Yang unik, jalan antar gedung tsb ditanami pohon mangga. Pohon mangga ini jika sedang musim berbuah akan memberikan kebahagaian buat penghuni sekre HIMATEKI (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) dan tentu saja penghuni lab 🙂. Buahnya banyak dan…siapa pun yang melihat akan ngiler, deh..ckkk..ckk

Tempat lainnya yang juga selalu ramai saat siang adalah kantin dan musola. Musola ini namanya Al-Jazari. Bangunannya masih tergolong baru bahkan sampai tulisan ini dipublish masih dalam tahap pengembangan. Maksudnya, musola ini juga sedang mempercantik diri dengan taman-tamannya gietuuuu.

Sewaktu foto ini diambil belum ada bunga yang tumbuh..Tapi sekarang, tamannya sudah mulai kelihatan asri 😀

Itulah dia sekelumit cerita tentang kampus saya tercinta. Tidak begitu banyak memang..Tapi, seperti kata banyak orang…Biar sedikit tapi berkesan (Heleh..apa pula ini..he..he..). Maka sebelum saya tutup tulisan saya di segmen ini, saya ucapkan…BRAVO TEKNIK KIMIA….BRAVO UNRI….

34 pemikiran pada “Kampusku eFTe

  1. Unri gue pernah denger, tp kalo UIN Suska itu kepanjangannya apa yah. Kalo yg bertransformasi dr IKIP itu ada ga yah di sana?

    Kyknya kampusnya luas banget ya, sampe ada padang rumput hijau dan pohon buah diantara satu gedung dgn yg lain. Kalo di kampus gue dulu uda ga ada lagi. Semuanya cuman isi bangunan thok🙂

    UIN Suska itu Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim dulunya bernama IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Hm..kalo gak salah FKIP UNRI dulunya IKIP…

    Weleh..UNRI itu luas banget…meski kata temenku yang di UNAND..luas UNRI masih belum seberapa (temenku yang di UI juga bilang gitu😦 ) Tapi..sebenar-nya kalo dilihat-lihat..UNRI itu lumayan luas juga..Mana ada hutan segala di belakang teknik. Hutan itu biasa kami jabanin kalo mo Hiking..Ciri khan hutan tropik..lembab..euh dan lembek…

    Kalo gitu..mampir-mampir, mas, ke UNRI..he..he..

  2. itu tanaman bunganya aja ga ada (di foto) trus bunganya datang dari mana??
    salam

    Itu lho mbak yang di pot-pot kecil..itu..itu.. (nunjuk-nunjuk foto musola dengan keukeuh). Waktu foto ini diambil, tanah di depan musola memang belum ditanami bunga/tanaman sejenis perdu-perduan gitu…Tapi sekarang udah kok mbak…meski belum banyak-banyak amat..Mbak Sari mo ikutan nanem ?

  3. kalo nnt dari Bandung ada kunjungan ke Riau, aku mampir ke sana yah🙂 boleh kah??

    Boleh, dong…
    Siip..! Ntar jangan lupa kasih kabar dulu, ya..kalo mo mampir😀

  4. met menempuh kuliah ya…
    mumpung msh muda, gali ilmu sebanyak-banyaknya dan jgn sia-siakan waktu.

    sebelumnya salam kenal dr yg lebih tua

    Terima kasih, mas..
    Mudah-mudahan jadi pelecut semangat buat adik-adik nantinya
    Saya sendiri baru saja menyelesaikan kuliah di teknik kimia😀

    Salam

  5. teknik kimia ya… hee hidup teknik mah!!!😆 secara aku juga mantan anak teknik gituh😛 *sapa yg nanya ya?* walopun teknik “palsu” mereka bilang😆

    ya, mbak..
    Mbak Carra teknik juga ? Arsitektur, ya ? (menilik dari kemampuan fotografi-nya..he..he..)
    Kok palsu, sih, mbak ? Apanya ? *Garuk-garuk kepala mode on

  6. kata org2 gituh… katanya siy kan arsitektur banyakan sense of art nyah daripada tekniknya…😆 katanyaaaa….

    Biarpun ‘nyeni’ Arsitektur tetep aja Teknik🙂 (Terpengaruh ama novel Arsitektur, nih, Putri…he..he..makanya rada Falling in Love ama konstruksi bangunan😆 )

  7. cie..cie..yang sambil bernostalgia..sipp dah..insyaAllah 2 hari lagi kan dah mo wisuda yah..^-^
    tapi kak putri..itu..mangganya bikin ngiler aja..hihihi..dulu pas Ya kesana masih blum berbuah yaa..😆

    Insyaallah..(nyambi mesem-mesem malu :D)
    Mangganya ? He-eh..emang bikin ngiler, ya…Kalo gak salah fotonya diambil bulan Maret-April…hm..iya..setelah iya balik baru tuh dia mateng ..he..he..belum rezeki, ya…

  8. wah saya bingung kalo mo fotoin kampus gw UNSRi!
    soalnya luas banget!
    kabarnya sih terluas di Asia tenggra!
    wew!
    wakakkakaaka

    Aih..Ngambo’i bener diyo, ni..ckk..ckckkk
    Sayang waktu di Palembang kemarin saya tidak sempat ke Indralaya, cuma nyampe di Bukit saja..
    btw..
    Foto-foto ini baru gedung teknik, lho dan beberapa bangunan pendukung (itu pun hanya 1/4-nya)..Yang lainnya? Wuih..luas nian…coba lah lihat http://wikimapian.org

  9. iya belum rejeki makan mangganya FT unri berarti ya kak putri…
    betewe kak putri..makasih atas ling wikimapiannya..ihihihi..
    jadinya tadi nyari2 rumah Ya, pastnya gak susah nyarinya karena deket..alhamdulillah ketemuu…
    lumayann..ngilangin kangeen..gak nyangka euy terdeteksi juga, hueheuhe..
    ayo kak putri jangan sungkan2 singgah yaa..:P di
    http://wikimapia.org/#lat=0.4779963&lon=101.4113724&z=18&l=7&m=a&v=2

    iseng mode on

    He-eh..Insyaallah musim yang akan datang, ya, Ya😀
    Insyaallah..ntar kakak coba lihat, deh…
    Penginnya, sih, mampir langsung ke rumahnya Iya..bukan ngelihat tampak atasnya…he..he…

  10. wah, indah nian ya kampusnya.
    Jadi rindu kampusku dulu yang rindang akan pepohonan🙂

    Terima kasih
    Mungkin ada baiknya sekali-kali berkunjung ke kampus kembali
    Sembari mengingat kenangan dan menjalin silaturahmi dengan generasi yang lebih muda, kang

  11. Kapan ya…saya bisa maen2 ke tempat ustadz Armen Halim Naro di Riau…???

    Insya Allah nanti mampir ke Universitas Riau juga deh…

    Salam kenal ya mbak…

    Ayo, mas…Tak tunggu, lho…kedatangannya😀

    Salam kenal kembali

  12. Ass.

    Kedokteran kan udah Fakultas sendiri mbak ? tuh di ponegoro ????

    tau ah…..sambil berlalu………….

    Bangunannya, sih memang terpisah, mas…
    Hm..kemarin-kemarin, sih masih dalam proses menjadi Fakultas tersendiri…termasuk HUKUM dan KEPERAWATAN…Enggak tahu, nih sekarang udah RESMI apa belum…

    Eh, mas alex ini pernah ke Pekanbaru, ya ? Ato jangan2 orang Pekanbaru juga😀

  13. fakultas teknik di sana banyak cewe2 gak?kalo di tempatku cm dikit..jadilah istilah teknik gersang..hahahaa..

    Dasar pria!!! (mendengus …ca’elah gayaku)
    Sama saja seperti di kampus lain…Perempuannya sedikit…cuma untung jurusan saya (teknik kimia) dan sipil emang sedikit lebih banyak ketimbang jurusan mesin ama elektro..

  14. Wah sekarang bangunan UNRI bagus ya…
    jadi pengen balek ke Riau nih🙂

    Lho bang Adzan gak tinggal di Pekanbaru, ya ?
    Wah..jadi perantau, nih, ceritanya…
    hm..hm….
    Ayo dong, bang, bangun Riau tercinta🙂

  15. Wahh.. blon pernah kesana.🙂 jauh.. aq kan di bandung..🙂

    Makanya..masukkin ke dalam daftar lokasi yang bakal dikunjungi, dong…😀
    Hayo..barengan ama si Ghifar aja..khan sama-sama di Bandung (Eleh..eleh..maksa, nih :)) )

  16. Saya suka bagian perpusnya…
    Kayanya adem…

    Perpus…
    Tempat paling asyik buat ngerjain tugas..selain adem (karena ada AC-nya yang kencang) juga punya koleksi buku yang YahUD😀

  17. Semoga semua anak Indonesia mempunyai kesempatan mengecap pendidikan tinggi. Bagi anak dari orang tua tidak mampu bisa mendapat beasiswa.

    Amin..Amin…
    Semoga Pak SBY juga denger harapannya Mbak Juliach😀

  18. waaa perpusnya keren! lebih keren dari ugm deh kayaknya *secara jaman kuliah jadi hantu perpus, hihi*

    Oya ? Wah…satu lagi pujian buat perpus eFTe…Sepertinya Sang Penunggu Perpus bakal bahagia, nih😆

  19. Mohon maaf kak poe3, baru sempat mampir nih. Soalnya udah lama gak ngeblog lagi. He… he… he… Tapi sekarang seringnya buka-buka friendster kak. Mampirlah di fs saye ya. Thanks.

    O…hem…sibuk bener tampaknya, fajri..
    FS, ya ? Insyaallah..ntar berkunjung ke sana

  20. Oh ya karena udah terlalu lama gak perpustakaan. Fajri sampai pangling dengan foto perpustakaannya. Sudah sangat banyak perubahan ya? ;-> Ketahuan deh

    Iya..Beberapa waktu lalu Perpus-nya dirombak…Jadi susunannya sudah mengalami perubahan dari yang sebelumnya…
    He…he…maklum..maklum..khan sekarang ‘beredar’nya udah gak di ‘orbital’ teknik lagi😀

  21. berapa jumlah buku di perpustakaannya put?

    Banyak, mbak. Kalo pake jari tangan (bahkan kaki) putri gak cukup.😀.terutama buku teknik kimia yang full bahasa inggris😛

  22. dulu saya bercita-cita jadi insinyur, hiks
    soalnya; laki2 itu ga keren kalo ga kuliah di teknik.
    moga2 ntar istri saja yang insinyur, ha3

    Amin…
    Kalo gak isteri..ya..anaknya aja yang jadi insinyur..he..he..

  23. gw sbagai ank indonesia bangga bgt khuss n riau.coz pnya gedung uni buagus bgt.mskipun gw kagk kuliah d sono.pok n gw bangga bgt the! tmpat n yg asri and indah buangt.bt wisata heheheh…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s