SIAP

Ini adalah tulisan kedua dari postingan sebelumnya ‘BerSedia’.

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam hitungan tahun Qomariyah. Bulan spesial karena pada bulan ini semua umat muslim diwajibkan berpuasa dan semua amalan akan mendapat pahala berlipat-lipat. Bulan yang didalamnya ada ‘malam seribu bulan’, Lailatul Qadr. Kita semua tahu betapa spesialnya Ramadhan. Maka setiap anak yang lahir pada bulan Ramadhan, orang tuanya akan dengan bangga menyelipkan kata “Ramadhan” dalam deretan nama anak mereka.

Coba saya cek catatan saya tentang keistimewaan bulan yang satu ini..(kalau ada yang kurang tolong ditambahkan, ok!)

  1. Sepuluh hari pertama adalah sepuluh hari yang Allah SWT memberikan limpahan rahmat dan kasih….Mintalah segala yang ada di hati….Semoga Allah azza wa Jalla memberikan rahmat-Nya untuk kita.
  2. Sepuluh hari kedua adalah hari-hari dimana semua dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Yang Maha Pengampun .
  3. Sepuluh hari ketiga adalah hari dimana kita dibebaskan dari api neraka. Api neraka yang begitu panas, lebih dahsyat dari panasnya inti matahari…ergh..Duhai Robbi Jauhkan Hamba-Mu yang hina ini dari panasnya api neraka-Mu.
  4. Malam Seribu Bulan (Lailatul Qadr), tak ada yang tahu kapan pastinya. Konon katanya akan datang pada sepuluh hari terakhir Ramadhan terutama pada malam-malam ganjil. Malam itu malaikat akan turun…

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar. (QS. 97:4-5)

5.  Allah SWT akan menambah rezeki orang-orang mukmin.

6.  Amalan sunnah yang kita lakukan pada bulan Ramadhan sama nilainya dengan perbuatan wajib di bulan lain.

7.  Pahala perbuatan/amalan wajib di bulan Ramadhan nilainya sama dengan Tujuh Puluh kali dari pahala amalan wajib di bulan lain.

Dst……..(monggo..silahkeun…diisi..)

Dan alangkah indahnya jika kita telah mempersiapkan diri dengan kegembiraan dan doa-doa yang dilantunkan untuk menyambut Ramadhan ini. Mintalah maaf kepada orang-orang di sekitar kita tatkala lisan ini barangkali telah lancang……….

Rinduilah Ramadhan…cintailah ia…

Sedulur-sedulur….

Saya, empunya blog, ini mohon maaf jika ada postingan dan komentar saya yang barang kali kurang berkenan di hati terdalam sedulur-sedulur blogger semuanya….

Mohon Maaf Lahir dan Bathin

SongSong Ramadhan dengan hati bersih dan rindu yang membuncah…………

23 pemikiran pada “SIAP

  1. Saya juga mohon maaf, Put. Mudah2an lebaran eh Ramadhan kali ini lebih baik daripada Ramadhan taun lalu….

    Iya, mang..sama-sama, ya…
    Mudah2an target Ramadhan tahun ini tercapai..Mang kumlod udah nyiapin target juga, belum ?

  2. kok udah maaf-maafan khan puasa juga belum dimulai dan lebaran juga belum nyampe..( yah toh intinya bermaaf-maafan ndak harus dilhari lebaran..hanya momentnya tepat kali yah.).

    Iya, pak..khan kurang dari dua minggu lagi udah mo mulai puasa…
    Ntar para blogger udah pada pulkam semua….makanya minta maafnya dipercepat…he..he..

  3. ada bahasan yang aku mau tulis juga ntar malam di blog tentang puasa. salah satunya adalah mengenai puasa. kita sering sekali mendengar dibulan puasa ustadz berkata tentang puasa yang baik, yang membatalkan, ini itu, dll. Tapi saya jarang sekali mendengar ceramah apa yg harus kita lakukan sesudah ramadhan ? makanya masih ada saja yang sehabis ramadahan kembali berbuat maksiat, karena apa? Tau gak ? kebanyakan dari kita berpendapat bahwa puasa, sholat adalah kewajiban, emang benar ! itu 100% benar. tapi andai saja dimasukin pola pikir sedikit saja bahwa puasa, sholat itu bukan kewajiban tapi kebutuhan… subhanallah. pasti sedetikpun kita tak akan lupa dengan Allah.
    Makanya orang biasa saja menyikapi sholat, puasa, Allah apalagi, karena mereka masih berpendapat itu bukan kebutuhan dan diwajibkan hanya waktu tertentu saja. “tenang saja kan ada puasa lagi taon depa” astagfirullah.
    mudah2an kita tak termasuk didalamnya.
    wassaalam ya poetri.

    Iya, mas effendi….
    Ibadah puasa adalah ibadah yang diperuntukkan untuk Allah SWT alangkah beruntungnya kita jika kita beribadah dengan sungguh2, hanya untuk meraih ridho Allah SWT…
    Waalaikumsalam wr wb..mas

  4. waah..kan masih dua minggu lagi put:)
    nanti balik lage dech klu da pas..

    *pulang*

    he..he..ini untuk persiapan, mbak…Jadi kita tambah semangat untuk puasa….Insyaallah minggu keempat agustus..ada lagi tulisan ttg Puasa…tulisan ini tiga bagian…Insyaallah..
    *Berusaha menahan mbak wi3nd di depan pintu

  5. duh gue jadi mikir nih, susah ya membuat ramadhan itu bener2x jadi bulan yg khusyu. Pasti ada aja gangguannya. Terutama mslh amarah dan sifat iri/takabur yg susah dikendalikan kalo lagi diterpa ujian. Yah smoga aja taon ini bisa lebih baik🙂

    Biarpun sulit…insyaallah bisa diatasi..(Jadi inget ramadhan dua tahun lalu😦 ).
    Amin..semoga Allah SWT memberikan kemudahan

  6. Bulan puasa menjelang, ramadhan akan datang, semoga kedamaian alam semesta senantiasa menertai kita semua

    Sambut Ramadhan dengan suka cita…Terima kasih sudah mampir, mbak artha…

  7. wah saya mesti kusyuk berpuasa nih….and thanks buat tips nya maz…lam knal

    He-eh…Yuk, kita sama-sama belajar untuk khusyuk puasa..
    btw…saya gak ‘mas-mas’, mas dhany…:D
    salam kenal kembali

  8. Ramadhan tahun ini istimewa untuk saya … karena ini tahun pertama saya berjilbab, pasti INDAH …🙂

    Subhanaallah…mbak rindu. Saya bahagia sekali…Insyaallah..pasti Indah..Indah…

  9. Yupp ..
    gi siap2 juga niy..
    menjelang setengah bulan ogut mulai biasain juga..telat yah hihi..

    taun lalu, startnya di awal bulan ramadhan..oalaaaa..
    jelas kalah, belon siap2..

    Sip..Kita bersiap-siap…
    Udah, belum, mas gempur…?
    Kita mo pacuan, nih😀

  10. Maafkan segala khilaf meski lewat kata-kata yaa
    Semoga di Romadhon Tahun ini Kita Dilimpahi Rahmat dan AmpunanNya, amien

    IYa, mbak Rita…Put juga mohon maaf….
    Amin…Semoga Ramadhan kali ini jauuh lebih baikkk

  11. Ngomongin nama Ramadhan buat anak yg lahir di bulan puasa, koq kyknya belon pernah ya gue denger ada org yg dikasi nama Dzul Hijjah hehe:mrgreen:

    btw, met puasa Put. Met rajin2x ngeblog jg sambil ngabuburit🙂

    He…he..iya..ya..Kayaknya namanya “ADHA”…bukan Dzul Hijjah (sepupu Putri namanya pake “Adha” krn lahir pas Hari Raya Qurban..senior Put juga… ;)) )

    Selamat Berpuasa juga, mas Sigit…Semoga Ramadhan kali ini berkah..
    Mas Sigit jangan keranjingan ngeblog pas Ramadhan, ya..he..he..(nah lho.. ;)) )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s