Kebahagian adalah………..

Rumah petak itu hanya terbuat dari papan tua. Beberapa triplek menggantikan peran kayu yang seharusnya menempel di dinding rumah itu. Pintunya terbuka lebar mempersilahkan tamu untuk bertandang ke sana. Seorang ibu mempersilahkan kami masuk.

“Ayo, pak, bu, silahkan masuk…Lewat sini saja…Ada tangganya.”

Aku melihat ke arah tangga yang dimaksud. Lantai batu itu bukanlah tangga. Hanya semen yang dibentuk tangga. Itupun sudah ditumbuhi rumput. Tak lagi berbentuk tangga.

“Eh, kakak…! Akhirnya datang juga. Silahkan…ayo masuk.” Si empunya hajat menyambut kami dengan senyum kebahagian. Seolah tamu agungnya telah datang. Kami masuk, bersalaman dan berpelukan. Nyonya rumah itu memperkenalkan kakaknya. Beliau duduk di sudut ruang tamu. Ruangan itu hanya beralas karpet agar mampu menampung tamu yang datang. Kursi tamunya dipindahkan keluar. Kami berbincang-bincang. Sementara si empunya hajat sibuk ke sana kemari. Mengatur makanan, menyambut tamu dan menangani anak semata wayangnya. Wajahnya penuh senyum meski tak dipungkiri gurat kelelahan itu tampak nyata di wajahnya.

Tamu hilir mudik datang. Bertemu ramah sejenak dengan si empunya hajat lalu melangkahkan kakinya ke prasmanan. Prasmanan itu hanyalah sebuah meja kayu yang ter ‘cover‘i kain batik. Di atasnya, beberapa piring berisi lauk pauk tampak mengundang selera.

JIka kita berdiri dari luar rumah, kita tak kan pernah tahu seberapa luas rumah itu. Rumah papan yang tampaknya tak begitu kokoh itu ternyata begitu luas. Seluas hati si empunya hajatan. Senyumnya seakan menghilangkan bau apek kayu yang mengudara. Ketulusannya mampu membahagiakan tetangga dan tamu yang datang menghadiri hajatannya. Ternyata kebahagian itu adalah ketika kita mampu membuat orang lain bahagia. Ia bahagia dengan hidupnya. Dan rasa bahagianya menjalari kami yang bertamu ke rumahnya. Subhanaallah…………

note: Gambar diambil dari sini

25 pemikiran pada “Kebahagian adalah………..

  1. yah…. kebahagiaan itu bukan lah sesuatu yang tampak nyata, terkadang ia bersembunyi di ruang-ruang sempit yang kasat mata ….. dan belum tentu kondominium-kondominium itu memilikinya….
    salam
    dari Aceh
    bumi peluru

    Kebahagian muncul dari mana saja…asal kita mau melihat dan menerimanya dari mana saj juga..
    Salam kenal kembali
    Bumi Bertuah…Pekanbaru

  2. wah bener banget Put. Keramahtamahan dalam silaturahmi bisa sangat-sangat membahagiakan. Hidup serasa hangat dan bersahabat.

    Kita sepakat bahwa silaturahim membuat segalanya lebih indah…Bukan begitu, mas sigit ?

  3. kebahagian ituh tidak bisa dibeli yakh…biar rumahnya sederhana asal hatinya seluas samudera dan tulus maka terasa nyaman,lain sebaliknya..
    merupakan kebahagian tersendiri jika teman2 dan sodaraQ bahagia hehe..hajatan apaan put?

    Betul, mbak..
    Hati seluas samudra dan sebening mutiara…
    hajatan biasa saja, mbak…😀

  4. Salam
    kebahagiaan adalah tak terukur, kebahagiaan adalah saat gw ingin sekali melompat-lompat kegirangan *halah*

    Melompat kegirangan ?
    Hati-hati..ntar kasurnya jebol lho, mbak ….😆

  5. asalkan bahagia, kita lakukan apa saja ?
    gimana ?

    Jika ingin bahagia lahir bathin….lakukan dengan cara yang baik…tujuan yang baik…dan satu lagi…Niat yang baik, om…
    That’s you will the truth of Happiness…Insyaallah

  6. kebahagiaan adalah ketika semuanya serba kecukupan dan ga muluk muluk (*kabur)

    Ketika semuanya serba cukup dan gak muluk2 adalah saat kita bisa bersyukur terhadap rezeki yang Allah SWT berikan…Bukankah begitu ?
    *Kenapa kabur, mas Nyurian ? 😀

  7. bahagia..? apa sih bahagia..? mungkin kita perlu merekonstruksi definisi kebahagian kita. setelah itu barulah kita memulai pencarian kebahagian itu…

    Bahagia itu dari hati, mas bayu.
    Coba tanya hatimu pernah ia mengecap rasa itu ? Tanyakan nuranimu, sudahkah ia menerima asupan yang ‘pas’ hingga kebahagian itu bisa terdefenisikan dengan nyata ?
    CObalah…renungkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s