Titanium

Barangkali kita sudah pernah dengar nama unsur kimia yang satu ini, Titanium (bukan nama fansnya grup band the Titans, lho). Titanium adalah unsur kimia dengan simbol Ti, merupakan golongan IVB. Meski tergolong dalam logam yang kuat tapi titanium adalah logam yang ringan dan tahan korosi (termasuk tahan terhadap air laut dan chlorine dengan warna putih-metalik-keperakan). Titanium digunakan dalam alloy kuat dan ringan (terutama sebagai campuran bersama besi dan aluminium).

Tabel Periodik Kimia

Tabel Periodik Kimia

sumber :http://www.chem-is-try.org

Titanium dapat diperoleh dari mineral dengan sumber utama rutile dan ilmenite. Salah satu karakter titanium yang paling terkenal adalah ia sama kuat dengan baja namun hanya mempunyai berat 60 % dari baja. Barangkali karena keistimewaannya inilah, titanium juga digunakan sebagai material untuk bingkai kacamata, pesawat terbang, automotive bahkan juga untuk arsitektur.

Jadi meski kacamatanya tergolong ‘berat’ karena faktor beban dari lensa asalkan bingkainya terbuat dari titanium, massa kacamata tidak akan begitu berat.

Apalagi telah ada riset yang mengembangkan two-phase γ-titanium aluminide alloys sebagai material struktur. Sehingga kondisi optimum dari sifat mekaniknya, pemahaman tentang suhu yang bergantung pada mikromekanisme  sifat plastik dan fracture dengan jenis struktur mikro lainnya dapat diperoleh. Sifa mekanik ini misalnya yield dan creep strengths, tensile ductility dan fracture resistance.

Bahan tentang titanium ini diperoleh dari sini dan om wiki.

16 pemikiran pada “Titanium

  1. Wow mencerahkan…
    Tapi titanium kok harganya mahal banget yah…? Kalu ga dibayarin kantor, ga mampu tuh beli kacamata berbahan titanium…

    barangkali karena karakteristiknya itu, mang..
    Material yang kuat tapi ringan…hebat gak tuh…?!?
    Kaca mata berbahan titanium emang chic banget…gak lekang kena keringat, mang…Apalagi yang keringatnya keras..he….he…

  2. titanium itu lebih kuat dari pada baja ya!
    pantesan si wolfrin kukunya terbuat dari titanium..biar nggak patah2!
    wekekkekekeke!

    Titanium itu sama kuatnya dengan baja…
    CUma lebih ringan aja…
    Gak kebayang kalo si kuku si Wolfrin terbuat dari Baja…mesti lebih berat tangannya ketimbang badannya he…he…

  3. oh…gitu toh
    boleh nih, pasang begel gigi pake titanium..
    ringan kan??? hehehe

    boleh…asal pas di ‘kocek’ aja😆
    btw..belum nemu aplikasi titanium sebagai behel😀 .

  4. jadi inget pas dulu kerja praktek di PAU. Kita disuruh ngetest Al-Ti alloy dgn beban dinamis buat analisa struktur pesawat bikinan IPTN. Emang bahannya ringan banget dan kuat. Cocok dah buat pswat🙂

    Jadi curiga…mas sigit ini dulunya ambil jurusan apa, sih semasa kuliah ?
    *mikir mode on

  5. kemaren beli cincin yg ktnya terbuat dari titanium..hmm..tapi kok harganya gak mahal2 kali ya..
    apa itu titaniumnya campuran kali ya..

    Hm..kurang tahu juga, ya ?
    Sepertinya kalo Titanium murni..jelas mahal, Ya…lagian..Titanium itu ringan banget, cincinnya Ia ringan, gak ?😀

  6. Apa betul raw material untuk titanium di indonesia dalam jumlah banyak posisinya di ZEE 200 mil di selatan pulau jawa dan berbentuk granule.
    Kalau iya perlu untuk memikirkan teknik mengambilnya, karena kedalaman lautnya rata-rata 2000 m.

    Thanks.

    Kalo yang itu saya kurang tahu, pak..
    Wah..saya baru tahu kalo titaniium ada juga yang di dasar laut..
    Indonesia sungguh kaya, ya, pak ..

  7. Guys…
    Saya ada TiO2 yang masih berbentuk Ilmenite, kadar yang sdh ada 35% dan sedang saya coba untuk di purifikasi (setengah jadi) dengan target 60-70%, well ada yang berminat atau membutuhkan pasokan yang konstan atau mau di dagangkan kembali..? please contact me via email

    thanks

  8. apa benar dijamin tidak akan berkorosi dalam jangka waktu yg panjang…??
    thanks

    saya menulis berdasarkan referensi yang ada, pak…
    Jangka waktu yang panjang itu maksudnya selama apa, ya, pa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s