Fragmen Kehidupan : Tetangga

Seorang ibu tergesa-gesa menuju sebuah rumah berpintu hijau, mengetuknya sembari mengucapkan salam. Ketika pintu terkuak, tampak seorang ibu lainnya yang sedang memegang sendok penggorengan. Ia sedang masak tampaknya…

Bu Iman : ”Bu Arif…maaf mengganggu…Ini..si Adel…dia…dia…”

Bu Arif : ”Ada apa, Bu ? Tenang..tenang…” (Ia mempersilakan Bu Iman masuk. Sendok penggorengannya diletakkan di dapur)

Bu Iman : (Menarik nafas sejenak)”Adel muntah-muntah, Bu! Panasnya tinggi…Padahal sudah diberi obat penurun panas. Tapi belum turun-turun juga…”(Seketika terpancar kepanikan di wajah Bu Iman). ”Bapaknya anak-anak lagi ke luar kota. Nomor Hapenya gak bisa dihubungi, Bu…..Saya…saya…bingung…”(mulai terisak kemudian menutup mukanya dengan tangan)

Bu Arif : (memandang Bu Iman sejenak lalu bergegas ke kamar)

”Ayo, Bu….Saya antar…Mobilnya bapak anak-anak lagi off…Hayo…..!!

Bu Iman : (Tersenyum dengan mata berkaca-kaca) ”Terima kasih, ya, Bu…”

Tak lama setelah itu, sebuah mobil kijang keluaran 1994 melaju menuju jalanan dengan suara raungan yang begitu keras…

Di sebuah komplek perumahan yang lainnya

Bu Keni :”Haduh….masa’ Pak Budi seperti itu, sih ?”

Bu Haris :”Benar…Saya lihat sendiri, lho…!”

Bu Fani :”Kasihan, ya, Bu Budi….Sudah capek-capek kerja….eh…sua……..”

Bu Haris & Bu Keni : ”SSSSStttttttttttttttt………..”

Seorang ibu setengah baya dengan baju kantor yang mentereng mengklakson gerombolan ibu-ibu yang sedang bergosip itu…Ia tersenyum…melambaikan tangan.

Bu Budi :’Pasti mereka membicarakan tentang mobil baruku ini…’

Bu Keni, Bu Haris dan Bu Fani melambaikan tangan mereka sembari tersenyum kaku. Kaku karena mereka baru saja membicarakan tetangga mereka dan miris melihat mobil mewah Bu Budi yang mentereng.

Saat itu awal Juli yang cerah

Seorang pria tengah baya membawa dua buah ember di kiri kanannya. Kedua ember berisi air itu membuat si bapak berjalan terhoyong-hoyong mencari keseimbangan.

Pak Harun : “Pak Arif, darimana ?”

Pak Arif : (Sambil berjalan menenteng ember) ”Dari rumah Pak Gandi…”

Pak Arif meletakkan embernya saat Pak Harun justru mendatanginya dengan tatapan bingung.

Pak Harun : ”Ada apa dengan rumah Pak Gandi, Pak ? Aman-aman saja, khan ?”

Pak Arif : (Tersenyum) ”Aman…aman…! Ini, air di rumah saya lagi macet…jadi saya minta air sama Pak Gandi. Biarpun musim kemarau begini, sumurnya Pak Gandi sama sekali gak kering…Jadi, yah…saya yang gak punya sumur ini minta air buat keperluan rumah….”

Pak Harun :”Oooo…begitu…” (menatap ember bawaannya Pak Arif)

”Mari saya bantu, pak ?”

Pak Arif : (tersenyum)”oh…Terima kasih, Pak Harun….Mari..mari….”

Kedua pria paruh baya itu mengangkat ember. Masing-masing satu ember.

Tetangga…..Merekalah orang terdekat yang kelak khan menolongnya di kala sulit. Sudahkah kita berhubungan baik dengan mereka ?

26 pemikiran pada “Fragmen Kehidupan : Tetangga

  1. Setuju Poet …
    tetangga adalah saudara dekat kita …
    maka baik-baiklah dengan tetangga …

    Salam

    Iya, pak…tetangga=saudara terdekat kita

    btw..
    masih ‘jalan2’, pak ?
    Udah mo bedug begini ?😀

    salam

  2. tetangga adalah keluarga terdekat kita..jadi bertetanggalah dengan baik!
    wekekekekek!

    betul, dy..
    Apalagi kalo tetangganya ngasih ‘bukaan puasa’…Subhanaallah…
    Alhamdulillah😀

  3. yup harus baik ma tetangga nih, soalnya di kampungku kalo ada orang mati yang ngubur pasti tetangga, bukan saudaranya.
    eh kok nglantur ke orang mati…?hiiii ngeriiiiiiiiiiii

    tul, tuh,mas melih….
    pertolongan pertama yah tetangga..
    enggak…enggak ngelantur, kok😀 Toh…memang begitu kenyataannya😀

  4. memuliakan tetangga🙂
    seandainya pun mereka, kurang suka dengan kita,
    ketika kita muliakan, hati mereka akan luruh🙂

    sepakat sekali, pak kakanda…
    seperti batu yang tiap hari ditetesi air…ia akan rapuh kelak

  5. tetan99aku sodaraku:)
    iya loch dakupun merasakan ituh,smpi hari ini kami masih berhubun9an baik meski daku suda pindah,akh jadi kangeeen mrekaa..:)

    put,itu y9 minta air kok ya pas ma diriku yakh hehehh

    aih..aih..yang lagi rindu ama tetangganya…he…he..

    Sebenarnya itu kisah pribadi (yang agak didramatisir :D), mbak :D….jadi keinget lagi waktu mbak wi3nd juga buat postingan tentang air tempo hari he….he…

  6. ooh begituh yah…?!, akan kau coba

    *aku sama tetangga di kost cuman kenal doang, gak akrab bgt, habis tingkahnya kayak sebangsa “ryan” gitu sih, kan aq jd atuut…

    Biarpun ‘sebangsa ryan’ tetap saja kita kudu beramah tamah dengan mereka, mas…

  7. saya udah kaya saudara sendiri tetangga kost-an.
    ngumpul pasti ke tempat saya hehehe
    banyak makanan🙂

    gitu, ya, mbak rina..?
    pasti tetangganya mbak rina pada senang punya tetangga yang punya bunker persediaan makanan kayak mbak rina…he…he…

  8. kemaren pas eyang aku meninggal, tetangga juga yang pertama datang menolong…🙂 ga bisa gak… tetangga memang harus jadi saudara…

    hm…bener, mbak…
    Tetangganya mbak Carra baik, ya..

  9. mmm… kita tetanggaan ga ya poet?
    kalo mampir kesini jadi takut ditagih lagee…😉

    Tetangga-an, dong…😀
    santai aja, mas nAs…Put gak nagih, kok…cuma mengingatkan aja…he…he….
    Jangan kapok-kapok kemari, ya ?😆

  10. Dalam suatu hadits rasulullaah Shallallaahu ‘Alaihi Wa Salama bersabda :”Barang siapa beriman kepada Allaah dan hari akhir hebdaklah di aberkata baik atau diam dan Barang siapa beriman kepada Allaah dan hari akhir hendaklah di a memuliakan tetangganya dan Barang siapa beriman kepada Allaah dan hari akhir hendaklah dia memuliakan tamunya (HR. Bukhari 6018 dan Muslim 47- Dari Arba’in Nawawi hadits ke- 15)
    Yah tetangga memang harus perlakukan dengan baik sebagaimana kita juga ingin diperlakukan dengan baik pula……….

    He-eh…bener banget, pak..

  11. Ada sih kalanya kita pengin lebih terbuka sama tetangga. sayangnya pintu tetangga gak pernah terbuka. Kita bisa terbuka, kalau tetangga juga mau menerima kita, dan sekaligus mau terbuka juga.

    salam kenal*

    (*jangan2 kita bertetangga yah?)

    hm…sepertinya ada yang cerita pengalaman pribadi, nih😀

  12. selama gue kost di batam ini koq rasanya males banget ya bertetangga. Rasanya ga sreg aja. Lha wong msh ngekost:mrgreen: Mgkin nanti kalo rumah uda jadi dan jadi penghuni tetap baru deh rukun2xan ama tetangga hehe

    he..he…
    kalo orang yang nge-kost mestilah seperti itu..lebih tepatnya..’merasa gak sempat bergaul’😀
    Padahal…biar bagaimanapun kita kudu ‘ber-hai-hai’ ria juga ama tetangga🙂

  13. alhamdullillah tetangga saya baik2, tp kalo yg ngegosip2 gitu sih kyknya dimana2 ada yah🙂
    alhamdulillah jg bisa mampir ke blog tetangga yang hijau ini.
    *ngadem sambil nunggu buka puasa*

    senangnya punya tetangga yang baik😀
    terima kasih *tersenyum malu*
    monggo…masuk…ngadem di sini, mbak …🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s