Nama………..

“Namaku Nur…artinya cahaya…” kata salah seorang temanku memperkenalkan dirinya pada gank kecil kami. Ia memang murid baru di SD-ku. Oh, ternyata sebuah nama ada artinya, ya ? Aku baru ‘ngeh’. Sepulang sekolah kutanyakan pada ibuku tentang arti namaku yang jumlahnya tiga frasa itu *semua saudara-saudaraku pun jumlah frasa dalam nama mereka ada 3 :D* . Ia berpikir sejenak, lalu mengartikan namaku satu per satu. Aku tersenyum…argh..rasanya bangga mempunyai nama itu.

Pertama kali masuk SD, ibu guruku memanggil namaku dengan nama depanku. Menurutku kala itu, nama depanku agak aneh dibandingkan dengan nama teman-temanku yang lain. Bandingkan dengan nama Siska, Sri, Santi…*meski sama-sama berawalan huruf S * . Karena Bu Guru memanggilku dengan nama itu, maka teman-teman yang lain pun ikut memanggilku dengan nama yang sama. Padahal di rumah dan saat TK dulu aku dipanggil dengan nama ‘Putri’, nama yang sederhana dan tidak terlalu mencolok, nama khas Indonesia.

Bahkan sampai SMP, teman-temanku tetap memanggil dengan nama Syelvia. Sebenarnya, aku pribadi tidak ada masalah dengan nama itu. Toh, nama itu pun nama yang bagus dan unik..Bukan Sylvia ato Selvia seperti kebanyakan tapi “Syelvia”..he..he….Bedanya terkadang teman2 SMP ada juga yang usil dengan menyingkat namaku menjadi “sel” (yang berarti unit terkecil dari bagian makhluk hidup) atau ‘sel’ (hotel prodeo). Masa-masa itu memang masa penuh pergolakan he…he..*lebai banget, sih, daku๐Ÿ˜€ *

Memasuki dunia SMA aku pun memperkenalkan diri dengan nama depanku yang keren itu *ckk…ckkk..lebainya bangkit lagi, neh* . Ketika teman-teman mulai memanggilku dengan nama itu salah seorang guru ku, Ibu Yul (guru bhs Indonesiaku) menanyakan nama panggilanku saat aku memperkenalkan diri di kelas *maklum kala itu masih baru masuk kelas 1, masa-masa perkenalan :D*

“Kalo di rumah biasanya dipanggil apa, Syelvia ?”
“Putri, bu…”
“Oh…sepertinya lebih enak dipanggil Putri, ya….” ujar beliau.

Aku hanya tersenyum saja, manggut-manggut pelan…Sejak itu jika memperkenalkan diri, aku mempersilahkan lawan bicaraku untuk memilih nama panggilan buatku…Bisa nama depan atau justru nama tengah.

Bagiku nama adalah sebuah doa, pengharapan…dan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik karena itu aku enggan memanggil seseorang dengan nama panggilan yang aneh. Misalnya: si Fulan ‘Ndut…si Fulanah Kete’…dan seabrek nama panggilan lainnya yang menggunakan istilah ‘pengidentifikasi-an’. Meski di satu sisi nama belakang dari panggilan mereka justru memudahkan orang lain dalam meng-identifikasi seseorang tetap saja kok, ya, rasanya tidak sopan. Terkadang, memang rasanya menjadi ‘kaku’ tatkala kita memanggil mereka dengan nama asli mereka *yang sebenarnya keren*. Tapi bagiku, itu adalah caraku menghargai mereka..sekaligus menghargai orang tua mereka yang telah bersusah payah memberi nama.

“Bukankah kata Rasulullah SAW, panggillah saudaramu dengan panggilan terbaik yang mereka sukai…..


41 pemikiran pada “Nama………..

  1. Arti namaku dirahasiakan olehku..
    Pertama : Artinya susah untuk dicari, ga jelas gitu bahasa apa๐Ÿ˜›
    Kedua : Artinya terlalu keren๐Ÿ˜› Makanya terobsesi jadi detektif๐Ÿ˜€

  2. nama seseorang emang sebuah doa… jadi kadang aku juga sebel kalo ada orang yg panggil2 aku bukan dengan namaku… ga sopan banget… yahh soalnya aku sampe sekarang juga ga pernah ganti2 nama orang seenaknya๐Ÿ˜€ … nama itu sebuah identitas๐Ÿ™‚

  3. ^_^ Nongol sebentar

    Ragu-ragu mau berkomentar

    Padahal sudah lama tidak bertemu dgn Putri

    Pulang lagi ah

    *sambil berbisik, “nama saya Insan, dan saya masih ada…

    Iya, mas …
    Kenapa ragu ?

    Apa kabar, mas ? Jangan hanya di ‘pintu’ saja…masuk saja ke ‘rumah’ ini
    ‘Open for everyone’

    Semoga segala urusannya dimudahkan, ya, mas…

  4. emang nama Putri lengkapnya siapa sih, Syelvia Putri ….. ?

    dulu gue pernah denger hasil pemikiran seseorg. N’tar kalo punya anak, kasihlah nama yg semua suku bangsa di dunia ini sanggup mengucapkannya. Kalo dipikir bener juga. Pergaulan dunia smakin lama smakin luas. Dunia jg smakin sempit. Nama depan gue dulu jg sulit banget diucapkan ama manager gue yg org Texas. Apalagi nama belakang:mrgreen: So, kalo buat Putri mgkin di cek dulu kali yah. Kalo org bule ngga kesusahan ngomong Putri brarti ga ada mslh mau make Syelvia atau pake Putri:mrgreen:

    btw, gue pengen bgt punya anak yg namanya Diana. Nama yg sederhana, indah, dan dipake banyak suka bangsa๐Ÿ˜€

    yaY..that’s my name…masih ada satu frasa lagi ding..he..he…
    Kalo orang bule menyebut nama depan putri sepertinya gak mslah, deh, mas…nama tengah pun sptnya OK
    he..he…(pede-nya…he…he..)

    Diana…diana…kekasihku…*spt kt om KoesPlus*๐Ÿ˜€
    Nama yang indah juga…:D

  5. bener ju9a seeh nama adalah doa,harapan,dari para 0ran9 tua..selain ituh seb9ai pen9enal biar nda asal pan99il..

    puTri..jelas ban9ed berarT! perempuan khan heheh..
    *k0men nda pentin9*

  6. nama yagh…?
    nickname saya di wp sebenarnya ga beda jauh sama nama asli… tapi memang cuma 2 kata yang ditampilkan padahal nama saya ada tiga kata…

    Putri yah…? banyak yang nama panggilanya putri…, sepupu saya juga putri…, tapi biasa dipanggil “N’ti” ato “mba N’ti” ngikut cara adiknya manggil dia…

    [senyum]๐Ÿ™‚

  7. @gempur
    Wadow..ganti lagi ?
    *wajah menyerah *
    Terserah mas gempur, deh…๐Ÿ˜€

    @nAsruni
    Salam buat si COMOT aja, nih? he..he..
    Insyaallah disampe-in…*eng si comotnya ngerti gak, ya? Kalo ada yang nyalamin๐Ÿ˜€ *

  8. Umumnya nama depan memang lebih sering dipakai, saya jg gitu pas di sekolah dulu, padahal kalo dirumah bianyanya dipanggil pake nama belakang. Karena saya pikir emang lebih mudah dipanggil pake nama depan, ya keterusan sampe sekarang.

    *jadi inget dulu pertama kali saya juga panggil Putri dengan Syel ya?๐Ÿ˜€

  9. Nama yang indah… Bila kita memanggil nama orang itu dengan baik….

    Emmm…kalo aku punya anak cewek, boleh juga dikasih Nur depannya,,,he

    Salam kenal…. Link back yaa…

  10. betul betul betul …. nama adalah doa,
    tapi aku klo udah akrab sama teman, lebih senang manggil ‘gelar’ mereka ato sapaan akrab. Terkadang klo didenger orang laen, sangat tidak baek. Tapi mo gimana legi, whehehe… aku juga gak seberapa risih klo temen2 ku manggil aku yang aneh2๐Ÿ™‚

  11. @ a3u5z1i
    Pake rahasia segala, zi…๐Ÿ˜†

    @FaNZ
    Terserah..mana yang enak aja๐Ÿ™‚

    @achoey
    iya, kang…
    sudah meluncur ke sana๐Ÿ™‚

    @Silo
    Terima kasih, pak…terima kasih

    @pakdejack
    he..he….

    @carra
    bener, mbak…sepakat!!๐Ÿ˜€
    btw, nama si kecil siapa, ya, namanya, mbak ?

    @rawcanvas
    Still wanna be a canvas ?๐Ÿ˜†

  12. hi putri…
    wanna try to splash a color or two
    on the canvas?

    in canvas ?
    Sure i want it..
    But, the lasting i remembered for a drawn were a mountain and a sea๐Ÿ˜€

    i likes colouring, play with same colour but can’t painting

  13. just look at most of my paintings…
    it just full with splashes of myriad of colors
    and
    most of the viewers will say
    “anak saya juga boleh buat lukisan begini”
    and I will just smile…
    just smile…

    he..he…
    that’s the unique of abstract painting
    Everyone think they can do it
    But the fact is
    it’s not so simple as you see on the canvas, isn’t it ?๐Ÿ˜†

  14. you’re right putri
    but usually,
    i just don’t feel like to argue with anybody
    but if i feel that they’re sincere to know more
    about my artwork,
    i will always glad to explain it to them

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s