Ketika Bintang PerTemanan Tak Bersinar Terang

Adalah suatu hal yang lazim dalam pertemanan, dirundung kecemburuan, kesal, iri, acuh dan setumplek permasalahan hati lainnya. Permasalahannya menjadi rumit ketika sebuah fakta mengemuka ”Tidak Boleh Ada Permasalahan Hati” dalam kehidupan. Saat signal-signal sudah menggejala ada baiknya tiap individu langsung menanggapinya dengan serius dan segera menanggulanginya. Jangan biarkan ”Hati jadi BUSUK” dengan segala tetek bengek yang sebenarnya tidak perlu. Hal sepele yang jika dibiarkan ’tanpa treatment’ justru akan menguras energi lahir dan bathin.

Rasa iri muncul tatkala kita merasa rendah diri. Merasa seorang teman JaUh lebih BaIk dari diri sendiri, JaUh lebih CanTik, JaUh lebih PiNtAr, JaUh lebih KaYa, JaUh lebih KrEaTif dan JaUh segala-segalanya. Kita merasa diri berada pada titik nadir, ground spot, tempat dimana tak seorangpun memperdulikan KiTa. Hal yang amat sangat SALAH!

Maka KeSal, CemBuru, PraSangKa dan segenap perlakuan buruk muncul sebagai akibat (baca:output) dari rasa IRI. Meski tak dipungkiri rasa kesal, cemburu dan lainnya bisa lahir dari ketidaksenangan kita terhadap sikap seseorang. ’Seseorang’ yang kita PiKiR terlalu SoMbOng, DiNgIn, atopun SOK CeRdAs, SOK Bisa SeGaLanya hingga kita mudah TERSINGGUNG dengan SeDiKit PerKaTAannya, SeDIKIT PriLakunya. Hal-hal yang membuat kita diBAKAR AmaRah. Padahal SUNGGUH tidak ada seorang teman pun berniat demikian. Mengapa HaTi kita sedemikian ’parah’nya ?

Bagaimana TeGa kita membiarkan hati ini membusuk sedemikian rupa ? Perlahan…penyakit ini menggerogoti hati kita, melumatnya dalam kunyahan bakteri pelumat yang amat sangat kecil tapi sungguh berbahaya.

Agh…amat sulit memang ! Terkadang rasionalitas termakan emosional sesaat. Actionnya temporary tapi efeknya permanen. Kita akan dengan mudah men’judge’ seseorang, bahkan teman, tanpa sedikitpun melirik bUkTi-BuKtI dan mendengar perkataan para SaKsI. Alangkah egoisnya diri ini !

Lalu kemanakah akan dicari OBATnya ? Apakah tersedia di apotik ? Dokter manakah yang dapat memberikan RESEPnya ?

Kemanakah kita meminta OBAT kecuali kepada SANG PENCIPTA KEBAIKAN ? Adakah dokter yang lebih baik selainNYa ?

Luruskan hati dan dekatkanlah hati kita kepada Sang Pemilik Hati, Yang Maha Membolak-Balik Hati. Seberapa dekat hubungan kita (cinta) kepada Sang Khalik maka sebesar itulah rasa cinta sahabat-sahabat kepada diri kita….Jika hubungan itu memburuk, Lihatlah hubungan kita kepada Sang KhaliK…!

Hati yang lapang takkan pernah lelah berbuat baik, takkan lelah bekerja meski pekerjaan itu berat sekalipun. Betapa sungguh hati yang sehat tanpa Syak WaSangka akan berdiri kokoh tanpa rapuh digerogoti bakteri bernama DengKi, Iri, CeMbUru.

Pertemanan akan tumbuh menjadi persahabatan tulus tanpa ’jamur’ yang menginjeksi ’tali’ pertemanan. Setiap senyum akan menghiasi langit. Cahya bintang takkan meredup karena mereka tahu ada tali kasih manusia yang tulus sedang merentas jalan ke surga.

*Gambar diunduh dari sini

23 pemikiran pada “Ketika Bintang PerTemanan Tak Bersinar Terang

  1. mantappppp kata-katanya🙂 “hati akan lapang bila kita ikhlas menerima apapun yang Allah tentukan untuk kita. Kita terlahir dalam keadaan punya apa-apa bahkan napas bukan milik kita ” fatwa hati kak zen utk ari🙂

  2. aku pernah kaya’ gitu put,
    merasa klo temen2 ku ko’ pada wah semua, sedangkan aku hanya wih (intinya iri lihat mereka)🙂. Intinya satu, jangan pernah merasa sendiri … mereka tetap teman kita, lebih baik lagi klo perasaan cemburu, iri dkk dijadikan semangat untuk melebihi teman kita itu.

    Jangan pernah merasa sendiri? yup … cerita aja terus terang klo memang ada masalah antara aku, kau dan dia …. lho ko’ jadi segitiga, whehehe🙂

  3. Dalamnya hati siapa yg tahu..,hanya saja jangan sampai pikiran dan hati kita dipenuhi dengan prasangka buruk.

    Saya juga pengen mengucapkan..”Selamat Menyongsong Tahun Baru 2009″,semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,Amin!;-)

  4. Itulah fungsinya banyak temen..
    Menguji kita untuk iri, dengki, baik, sayang..

    Banyaknya temen berbanding lurus dengan banyaknya ujian sifat2 ini Put…

    Sudah terujikah dengan si Gempurr..?? hihihi…

  5. salam tahun baru buat sang putri

    kita hanya manusia biasa
    punya hati dan perasaan
    punya pelbagai keinginan

    tapi,
    walau apapun perasaan kita
    walau apapun keinginan kita

    jangan sampai kita menyakiti
    hati dan perasaan orang lain
    jangan sampai kita mengganggu
    kehidupan orang lain

    terutama sekali
    orang-orang yang ada di sekeliling kita
    orang-orang yang hampir dengan kita

    jujur dengan diri sendiri
    just be yourself…

    selamat tahun baru
    semoga tahun 2009 ini
    akan memberikan kita kesejahteraan dan kejayaan
    semoga kita akan sentiasa dipelihara ALLAH

    ps. really nice knowing u putri…

  6. pertemanan juga serupa dengan pernikahan koq, adanya konfik justru jadi salah proses belajar untuk jadi lebih baik jadi tidak perlu ditakuti atau dipaksa untuk dihilangkan

    bayangkan sebuah hubungan tanpa sengatan listrik yang penuh kejutan justru akan cepat terasa membosankan, bukankah akan lebih baik jika semuanya berjalan seimbang

    dunianyawira

  7. @ari
    Benar, Ri…
    Hati yang lapang akan membuat HATI jauh lebih SEHAT
    @nRa
    Komunikasi adalah jembatan dari berbagai perbedaan, ya, ndra…? *bertiga ? he..he…siapa yang satunya ?😆 *
    @Gusti Dana
    Amin
    @arifrahmanlubis
    Barakallah…
    @emfajar
    bercerita ttg bintang dan langit selalu menarik, ya, jar ?
    @Gempurr
    Mas gempur mo ngajakin ‘bertarung’ lagi, nih😀
    @bujanglahat
    wah..sebuah rantai yang panjang, ya, mas…
    @mujahidahwanita
    mbak…saya bersedia menjadi teman…salam kenal🙂
    @raw canvas
    what a wonderfull word, bro
    Jujur dalam perkataan
    Jujur dalam sikap
    jujur bagi diri sendiri
    adalah bagian penting dalam kehidupan
    Amin…
    *It’s so great thing too, for being your friend, bro*
    @dunianyawira
    sengatan listrik, ya, wir ?
    Boleh, sih..sekali-kali…tapi gak boleh keterusan..
    ya. khan ?
    @nAsruni
    terima kasih, mas nAs. Hanya sebuah tulisan sederhana…
    @airlangga19
    salam kenal kembali “)

  8. yah semoga awal tahun ini kita bisa mengawalinya dengan hati yang bersih, apabila hati kita merasa disakiti, tak akan hilang rasa sakit itu dengan membalas menyakiti. nice posting mbak,,

  9. Subhanallah…
    Orang Batak bilang: O la la.. C’est tres bon.. He he.
    Betul, dalam ilmu kedokteran gak ada obat u/ mengobati “rasa iri”. Ketika seseorang terkalahkan oleh penyakit hatinya yg bisa berakibat dia menderita psikosis (mis:depresi berat), barulah aku tahu obatnya, Jeng. He he.. Na’udzubillah. Jgn sampe qta menjadi spt mereka.

  10. syelvi : Komunikasi adalah jembatan dari berbagai perbedaan, ya, ndra…? *bertiga ? he..he…siapa yang satunya ?

    ans :
    yoi … betul betul betul,
    yang ketiga sapa yah? hahahaha

  11. Intinya menerima kenyataan sbg sebuah anugerah dr Yang Maha Kuasa ya Put. Bagus pesannya. Memang seringkali kita takluk dgn rasa iri hati saat melihat org laen “lebih” drpd kita.

    Mas Sigit sangat jago merangkum pesan dari sebuah tulisan, ya..

  12. selama kita berhubungan dengan manusia maka pasti ada masalah. tidak mau ada masalah hati? berteman sama benda saja hehehhe. Tapi tidak bisa kan… itulah romantikanya kehidupan.

    EM

    Romantika kehidupan…YaY !! Bener banget, mbak..
    Tapi kita tidak boleh membiarkan ‘rasa’ itu beranak pinak karena ia bisa menjerumuskan kita ke dalam jurang dendam yang tak kersudahan…
    Bener, khan, mbak ?

  13. HHmmm …
    Sudah Poet …
    Kalem saja …

    Setiap orang pasti punya kelebihan …
    juga kekurangan …

    So … Stay Cool will ya …

    Selamat Tahun Baru …

    Sip, pak..di terima wejangannya…terima kasih, pak..

  14. Setiap orang pasti memiliki kelebihan janganlah kita pernah merasa rendah diri…ataupun melihat kelemahan orang lain lalu kita merasa diri paling atas…sesungguhnya kita diciptakan Tuhan untuk saling melengkapi satu sama lain.

    sebuah persahabatan perlu sekali terus terang dan kejujuran.

    Salam hangat persahabatan dariku!😀

    Saling melengkapi…hm..

    Salam hangat persahabatan mbak A ling😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s