IBSN: Aku Cinta ! (part 2)

Jadikan diri kalian sebagai penemu rantai yang hilang itu..! Dan kalian bisa memakai nama kalian sebagai nama manusia purba temuan kalian !” kata bu Risma Hasibuan, guru Sejarah SMPku.

Ia tak menyadari bahwa ia meniupkan ‘ruh’ pemimpi ke lubuk sanubariku. Aku bahkan pernah berkata dalam hati…’Itu aku…! Aku yang akan menemukan rantai yang hilang ! Membuktikan tak ada yang menghubungkan manusia dengan kera ….mereka dua spesies yang berbeda.’ Yah…ucapannya kala mengajarkan sejarah manusia purba Indonesia membuatku ingin menjadi ahli sejarah, arkeolog tepatnya. Aku ingin menjelajahi Indonesia, dan seluruh dunia untuk menemukan potongan puzzle yang hilang itu. Sebuah pekerjaan yang kelihatannya ‘tak bermasa depan’ jika kamu melakoninya di Indonesia ini. Aku menyukai sejarah…sejak aku mengenal PSPB semasa di SD dulu. Tapi entah mengapa kemudian aku bosan…karena aku hanya belajar kerajaan yang sama dari kelas yang satu ke kelas yang lain. Dan ketika SMP kami mempelajari manusia purba…sesuatu yang aku baru tahu, jika makhluk itu BENAR ADA.

Guru yang membuatku bermimpi tentang hal yang baru…mengajarkan sebuah obsesi. Tak kurang jauhnya seperti guru Kimiaku di SMA dulu. Beliau* (diisukan killer) menatap kami, para siswa baru dengan pandangan tajam. Ia tak ingin muridnya membandel dibelakangnya. Ia yang memperkenalkanku pada rantai karbon. Karbon yang nantinya membuatku berkecimpung di jurusan yang sama sekali tak terbayangkan olehku. Ia yang pernah menegurku karena aku terlalu cepat ber’pidato’ tatkala presentasi di depan kelas. Aku takkan melupakan beliau sama seperti aku akan mengingat kolega beliau. Seorang guru kimia lainnya yang membuat ilmu ini terasa begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Yang membuat berada di laboratorium adalah hal paling mengasyikan selama di sekolah. Meracik unsur yang satu dengan yang lain, serasa menjadi professor dengan jubah-jubah putih, menatap nyala kuning atau nyala hijau yang berkobar di atas spiritus. Guru kimia kelas tigaku yang tak pernah tahu bahwa ia membuat kimia begitu mudah bagiku, begitu nyata, bukan hanya H plus tambah Odua negative menjadi HduaO. Mereka yang menjadikan hari-hari di SMUku begitu bermakna…

*For the memory of Mrs.Ernita Yasni, yang telah berpulang ke Rahmatullah pada tanggal 10 Januari 2009. Semoga segala amal ibadah beliau di dunia ini diterima di sisi Allah azza wa Jalla..

*Gambar diunduh dari sini

23 pemikiran pada “IBSN: Aku Cinta ! (part 2)

  1. alkemi … i love this subject,
    karena waktu sd n smp gak pernah ketemu sama kimia🙂

    btw, ini alasanya kenapa milih tekkim?


    he-eh..salah satu alasannya itu..
    tapi ternyata…
    tekkim beda banget ama kimia…What a unique world !!

  2. Gw juga suka kimia, apalagi pas kelas 1 SMA.
    Tapi seiring berjalan waktu, Matematika lebih kusukai hehehe meskipun nilai di rapot masih bagusan Kimia….

  3. Kepengen nanya nih, kalau suka kimia koq milih tekkim? Khan jurusan kimia lebih “kimia” daripada tekkim yang lebih belajar proses industrinya.

    Terpengaruh sistem “peringkat elit-elitan” bimbel yah??😛

  4. Senada dengan Pak nh18
    Semoga dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya. Amin!

    Aku jadi mencoba mengingat guru2ku. Dan karena mereka pula aku bisa terdampar di profesi ini🙂

  5. salam buat sang putri
    i got nothing to say…
    just to say hi

    dan tiba-tiba aku teringat akan guru-guru seni visual ku..
    yang telah mengajar aku nilai seni yang bermula dari titik…

  6. BUKTIKAN Rasa Persaudaraaan KITA untuk GAZA.
    CARA MUDAH BANTU MUSLIM PALESTINA
    KETIK : hasmi(spasi)palestina
    Contoh : hasmi palestina
    Kirim ke 7505
    Berarti anda telah membantu muslim palestina Rp. 6.600 (untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, Flexi dan Esia) dan Rp. 5.000 ( untuk pelanggan XL dan Mobile-8).
    HASMI Bekerjasama dengan Depsos RI & MER-C.
    Bantuan juga bisa melalui :
    1. Rekening
    Bank Syariah Mandiri (BSM) Cab.Bogor, no rek. : 016 016 1321
    Bank Muamalat Cab. Bogor no rek 121 000 4815
    BNI Syariah Cab.Bogor no rek. 1450 98 262
    Semua rekening tersebut atas nama Hasmi ….. mohon Bantuannya untuk diSEBARKAN….. http://www.hasmi.org

  7. Turut berduka cita atas meninggalnya Almarhumah…
    Ci berkesan banget ma Ibu itu…
    Waktu kelas 1 SMU, kesannya emang killer, tapi setelah ada beberapa siswa yang mendapat nilai tinggi pas ulangan Kimia (termasuk Uchie sendiri, Alhamdulillah, pas ulangan pertama dari puluhan soal cuma salah 1), Ibu itu jadi agak melunak…
    Namanya juga Guru, pengen muridnya pintar…

  8. @ mang kumlod
    he..he..
    Seleksi ‘alam’, ya, mang…😀
    @yusahrizal
    Hm…’ketipu’ ama embel2 kimia kimianya, pak😀 plus karena kurangnya informasi ttg bidang keilmuan itu..jadilah ‘terjebak’ di ‘kubangan nan indah’ ini😀
    @ nh18
    Amin ya robbal alamin
    @ okta sihotang
    Sama dong…chemical lover😀
    @ achoey
    Amin ya robbal alamin
    @ nanzzzcy
    he..he..
    betapa uniknya dunia, ya ?
    @ INDAHREPHI
    Amin ya robbal alamin
    @ rawcanvas
    salam, bro
    mestilah guru2 bro raw canvas sangat hebat, ya…?
    @ cenya95
    yeah..masa sma memang masa yang sukar dilupakan
    salam IBSN
    @ aCist
    Amin ya robbal alamin..
    @ uki21
    Yupe..mengejar mimpi..
    Itulah yang Putri sedang lakukan..
    Terbang melayang berpeluh mimpi
    @ wi3nd
    Amin ya robbal alamin…
    terima kasih, mbak..
    @ ziaulhaq
    terima kasih atas infonya, pak
    @akhukumFillah
    monggo..silahkan..salurkan donasi kita..
    @ kenuzi50
    Amin…amin..
    @ Alexhappy
    Ya..what a wonderfull, ya….!
    @ Odie
    terima kasih kembali…
    @UchiE, dr.
    ada kenangan tersendiri, ya, ci..😀

  9. VALENTINE’S DAY

    wajah-wajah ceria
    cahaya-cahaya lampu kota
    terang berbinar menyempurna
    hari kasih sayang nan bahagia

    angin yang tenang
    malam yang semakin kelam
    mengusir segala muram
    dan kelana dingin di senyap gelap

    adakah sesuatu yang dapat mengubah dunia
    selain saling mencinta sesama manusia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s