Kring-kring..Bunyi sepeda

Ketika melihat siswa-siswa SMP yang lalu lalang di depan rumahku dengan mengendarai sepeda motor,  entah kenapa ingatan ini terkadang mereview kembali masa-masa penuh kenangan itu.  Kenangan ? sesuatu yang tak terbantahkan pernah menjadi bagian dari hidupku. Masa-masa penuh kreatifitas dan ketekunan. Gank around, persahabatan yang mengikat erat, kemana-mana berempat, tertawa bersama..

Aku ingat, teman-temanku semasa SMP ‘menunggangi’ sepeda sport mereka lalu akan pasang aksi jumping, menaikkan roda depan sepeda mereka, ato hanya sekedar ngebut adu cepat. Hal-hal konyol, yang kurasa jika mereka mengingatnya sekarang mereka pun akan tersenyum-senyum malu he…he…

Pelajaran olah raga adalah saat yang paling nyantai, biasanya anak laki2 akan bermain basket atau main sepak bola di lapangan sementara kami, para anak perempuan akan duduk di pojokan sambil bercerita ndak jelas. Biasanya aku dan teman-teman dekatku akan menceritakan film-film kartun, ato artis-artis oriental yang sedang booming. Adu informasi ter-update tentang mereka. Tak heran pada masa itu majalah remaja selalu laku keras he..he..Sekali waktu membicarakan tentang kebijakan sekolah. Maklumlah, sekolahku adalah sekolah yang paling disiplin seantero Pekanbaru (kurasa…pada masa itu sekolah kami memang paling keras soal kedisiplinan :D). Semua anak perempuan yang berambut panjang harus mengepang dua rambut mereka dengan pita hitam. Hanya yang berambut pendek yang boleh digerai.  Para anak laki-laki berambut pendek ukuran 3-2-1. Kalo rambut mereka kepanjangan bakal dapat “guntingan gratis” dari Bu KepSek.  Tidak boleh pake rok atau celana kependekan…Selalu ada inspeksi soal pakaian dan rambut. Ketat banget, pokoknya. Tapi semuanya membuat sekolah kami menjadi lebih baik..dan itu memang diakui.

Masa ini juga kusebut masa invention, kenapa demikian ? Hm…aku sudah mengenal dunia sastra melalui puisi. Awal-awal smp aku bahkan begitu rajin menulis puisi. Tentang apa saja..meski kebanyak terinspirasi dari kisah2 kartun he..he..Dan aku menemukan jenis sastra yang lain,  dunia cerpen. Sobatku, sinta, yang mengenalkannya. Aku baru menyadari bahwa mengarang tidak perlu memakai aturan baku yang mengikat. Tulis sesuatu sesuai dengan ide mengalir di kepalamu. Biarkan ia berjalan dalam mimpi dan hidupkan ia dalam tulisan. Aku tak lagi takut mendapat 7 untuk nilai mengarang. Karena aku akhirnya tahu bahwa mengarang itu seharusnya memang dari hati. Dan aku menulis…cerita-cerita fiksi bertaburan di kertas-kertasku. Saat kini aku membuka lagi lembaran-lembaran itu, aku takjub..aku menulis cerita berlembar-lembar hanya dengan pena..hanya dengan pena, sampai tuntas.  Sekarang, ketika aku sudah akrab dengan komputer, tulisanku bahkan masih setengah jalan.

Aku ingat ketika seorang teman bahkan bercerita tentang kekagumannya pada seseorang kala kami masih SMP. Dan aku sungguh terkejut, ketika ia masih menyimpan kekaguman yang sama belasan tahun kemudian. Mereka masih malu-malu membicarakan si ‘person’ dan aku hanya tersenyum. Teman-temanku ternyata masih menjadi secreat admirer sang pangeran, (Is it Ok, to identify him like that, gals ? :D) .

Argh..membicarakan masa lalu terkadang membuat kita rindu akan masa-masa itu. Masa dimana hanya ada kebersamaan dan impian. Menggelung setiap sendi dalam kenangan….

FYI: Terinspirasi sama tulisannya pak NH juga, nih…jadi inget masa2 SMP yang menarik😀

35 pemikiran pada “Kring-kring..Bunyi sepeda

  1. putt…aq jadi kangen banget ma masa-masa smp, masa-masa itu kayanya indah banget ya, tanpa beban, ringan, ceria,…bagi aq put, sastra tak ubahnya seperti seni tulis menulis dan merangkai kata, layaknya seni pasti selalu jujur dan tulus, dan aq sendiri adalah penikmat sastra apapun itu bentuknya, mau ditulis dengan tata bahasa yang mendayu-dayu dan baku, atau di rangkai dengan kata-kata sehari2..makanya aq suka banget ma blog kamu put karena mewakili keduanya….keep up the good work !!!…o..ya, please do not publish the prince yaa….keep this secret for the both of us..luv you…

  2. jadi teringat falsafah Pak Harto
    Mikul nduwur mendhem jero
    kenangan masa lalu yang
    posiitif, sebaiknya hrs sll diingat…,
    yang negatif dikubur dalam2
    dan tidak diulangi lagi

  3. aku juga naik sepeda sampai SMA, SMA ku paling disiplin. Siswa ga boleh bawa kendaraan bermotor ke sekolah, yg cewe roknya 5 cm dibawah lutut dan sama juga raambut yg panjang kudu dikepang 2…ahhhh jadi kangen temen2🙂

  4. ohh ini blognya putri :)… aku zaman SMP ..ngapain yah… ngelepasin kecoa (untuk praktikum biologi) di WC sekolah ahak ahak ahak :))

  5. hehe iya Put, dulu gue jg pake sepeda balap wkt SMA. Asik jg speda2xan. Kapan2x pengen beli sepeda balap ah:mrgreen:

    btw, baru kemaren gue bisa nostalgia masa lalu lagi stelah ketemu sejumlah temen SMA di fesbuk. Seneng juga:mrgreen:

  6. gapengen mengingat masa SMP. Jangan paksa gw menceritakannya (siapa yg mau maksa? ge’er). yang ingin gw ingat adalah masa SMA sampai sekarang.

    kalau sepeda, itu sekarang… si onta tetap setia nganterin ke kantor, nungguin gw kerja, pulang bareng….😀 bakal kenangan indah sama si onta.

  7. masa SMP kurang berkesan bagi sy, tapi yg paling berkesan adalah masa2 SMA…..sampe sekarang jika pulang masih sering ngumpul, walau smua sudah berbeda, tapi keceriaan d canda tawa masih seperti dulu…., Dan yang sangat paling berkesan adalah ternyata teman2 di SMA sy itulah teman2 yg sejati….teman dlm suka duka, kala senang, kala menangis & saling tolong menolong dlm kebaikan.

  8. @sintakhairunnisa
    Masa-masa sekolah bagiku memang masa-masa yang begitu mengalir…gak usah mikir yang jauh2..:D
    The prince ? I’ll keep it😆 …Don’t worry be happy *nah lho…malah ngaco he…he..*
    @emfajar
    Gak bisa dipungkiri, jar…Masa terbaik bagiku adalah masa SMA…tadi ada sesuatu di masa SMP yg takkan pernah terlupakan…
    @Aden Kejawen
    he..he…ketahuan, ya..Masa SMP adalah masa2 jahil, ya ?😀
    @omiyan
    betul sangat, pak….
    @mikekono
    he-eh …Yang baik diinget.yang buruk di ‘delete’😀
    @a3u5z1i
    Masa muda ?
    Bukannya dirimu memang masih muda, Zi…?
    he..he..
    @nra
    Setidaknya setelah puas bandel…sekarang udah gak bandel lagi, khan, nra ? Virus bandelnya udah pada luntur semua, khan ?
    @1nd1r4
    Ternyata kisah kita mirip mbak…
    Sekolah2 bertangan besi.. he..he..
    @Roni Ajha
    masa-masa SMP yang unik..bukan begitu, kak ?😆
    @Rindu
    Asyik, dong kalo gitu. mbak..
    Put boleh ikutan nempel di belakang setirnya mbak Rindu, gak ?😆
    @dobleh yang malang
    Mas blue…reunian, dong…
    Arisannya gimana ? jadi ?
    @mamas86
    homesick, ya, mbak.. ?
    @shashakoe
    Iya, sha…akhirnya mampir ke sini juga, ya…
    Gak nyangka..ternyata dirimu usil juga, ya ? he..he..
    @Tigis
    Sepeda balap..pastinya keren, mas… Sip..sip…!
    Aha…akhirnya ikutan fesbuk juga..setelah di’bombardir’ sekian juta orang, ya, mas ? he,…he…
    Tuh…ada juga manfaat fesbuk😀
    @mangkum
    ada apa, mang ? kisah burukkah ? Segitunya ama masa2 SMP..

    Kalo si Onta mah sptnya udah jadi ‘belahan hati’ , ya…he..he,…
    @*hari
    Masa-masa bercelana dongker..😆
    @Alex
    Setujuh..masa SMA memang memorable

  9. hihihihi…
    jadi in9et masa ituh..
    wakkTu sMP daku ju9a naek sepeda baren9 temen2 konvoi
    seruuuuuu..

    eman9 indah men9in9aT ituH semua..🙂

    ecH bentar bentar,baku ban9ed puT,sampe wajib kepan9 dua pita iteM yan9 punYa rambuT panjan9??

  10. @Rita
    Iya, bu…
    Sebagian tulisannya di buku tulis dan sebagian lainnya di kertas-kertas…hm..idenya boleh juga, bu…
    Barangkali suatu saat nanti mo dirapiin lagi..trus di bundel😀
    @Laston
    Iya, pak…
    Memori waktu kecil..😀
    @bluethunderheart
    oh..sudah mulaikah ?
    Put jadi penonton di luar ring aja, pak…
    Menanti dari jauh😀
    @sunarnosahlan
    Penuh kenangan…benar sekali, pak..
    @wi3nd
    Betul, mbak, ..Kudu dikepang..yang rambutnya lebih sebahu kudu kepang 2..pitanya HARUS warna hitam lagi…he..he,…

  11. Untung ada PEMILU, bisa libur setengah hari dan meninggalkan jejak di sini. Xixixi..

    Waktu SMP:
    -Ikut ekskul PASKIBRA.. Tiap hari Minggu dari jam 6 pagi ampe sore.. Capek banget.. Kulitpun jadi keling.. Makanya pas SMU gak mw ikut PASSUS. Kapok! Beralihlah jd anak mushollah.. Ehem.. ehem..

    -Sempat lama gak teguran ma seorang teman cowok (sekelas). Gara2 dy naksir seorang cewek yg ternyata Kk sepupuku. Dia nuduh aku mata2in dia untuk Kkqu. Ih, sori lha yaw! Bukan urusanku!

    – Paling benci pelajaran kesenian. Menurut Ci alat musik seruling itu gak ada bagus2nya *sebenarnya emang gak jago, hehe*

    -Suka banget nulis diary. Isinya bisa ditebak, sebagian besar isinya tentang apa.. Haha..

  12. Akhirnya bisa jg ninggalin jejak di sini. Thx to Pemilu.. Hehe..
    Yg b’kesan waktu SMP:
    >Ikut ekskul Paskibra yg latihannya tiap hari Minggu dari jam 6 pagi ampe sore. Capek, badan ancur dan kulit yg semakin keling (tapi gak eksotis) jadi alasan buat gak ngelanjutin ekskul Passus pas SMU. Sumpah! Kapok! Hehe..

    >Pernah lama gak teguran ma teman cowok (sekelas) gara2 dia akhirnya tau ceweknya waktu itu ternyata Kk sepupuku. Ci dianggap selama ini mata2in dia u/ Kk Ci itu. Ada benernya sedikit tp gak bener2 Ci lakuin sepenuhnya tugas dari si Kk. Bukan urusanku! Hehe..

    >Pernah dijewer sekelas ma guru biologi yg galak. Termasuk ketua kelasnya yg pinter. Gak ada yg ingat dan ngeh, kalo perkataan beliau yg kemarin itu dijadikan PR. Hahaha..

  13. @bu dokter..
    aku pilih dua2nya..he..he..
    @nRa
    oh, ya ? he..he…
    selalu merasa bandel, ya..? he..he..
    @bluethunderheart
    sip,pak…
    tuh..sudah ada laporannya😀
    @Ikkyu_san
    mbak Imelda…ke sekolahnya gak naik sepeda, ya ?

  14. Cinta.. Udah tahu kan sekarang, arti “jablay” ituh..? xixixi..

    *Akhirnya..
    Bisa juga mendekapmu kemarin..
    Ci tau dirimu akan setegar batu karang..
    Walau mungkin perlahan..
    Yang sabar ya, Cinta..*

    Luv U..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s