Treng, Di ConTreng ….

Indonesia warna-warni dalam kibaran bendera-bendera partai politik. Menyemarakkan jalanan dan yang paling penting harus bisa menarik ‘hati’ para konstituen. Semua itu demi hari ini…9 April 2009. Ketika setiap warga negara yang berhak akan memberikan suaranya untuk masa depan negeri tercinta.

Pukul tujuh pagi TPS sudah dibuka dan ditutup pada pukul 12 tengah hari. Beberapa TPS tampaknya ramai didatangi para pemilih. Duduk kalem, menunggu antrian. TPS di dekat rumahku tampak sepi pada pukul 9.30 WIB. Sebelumnya hanya tampak 4 orang pemilih berada di bilik suara. Berikutnya hanya ada dua pemilih. Sepenglihatan kami, tidak begitu ramai pemilih yang ada di TPS pada jam itu. Entahkan kami yang lambat berada dalam momen puncak keramaian ataukah memang kami yang terlalu cepat, entahlah …..

Pulang dari pencontrengan, hampir semua channel tv, menyajikan berita tentang PEMILU. Ada berita menarik seputar pencontrengan hari ini yang aku dapat dari tv. Diantaranya, betapa minimnya pemilih di TPS 20 Menteng, tempat Pak Jusuf Kalla memberikan suaranya. Hanya setengah dari warga yang berhak (tercatat dalam DPT) di kawasan itu yang memberikan suaranya. Pak RT di kawasan itu, yang terlihat sudah sepuh, bahkan menitikkan air mata keprihatinan. Bagaimana bisa warganya yang sudah mendapat undangan memilih justru tidak datang ke TPS ? Sementara belasan kilo dari tempat itu ada lebih dari 200 warga yang tidak mendapatkan haknya sebagai pemilih karena nama mereka tidak tercantum dalam DPT. Ketua RT kawasan tersebut sampai protes kepada KPPS yang ada di TPS tsb (sayang aku lupa nama kawasan dan TPS tsb..😦 ). Karena hanya 21 warganya saja yang masuk dalam DPT. Sungguh ironis sekali !!

Ada lagi kasus yang menarik, ketika kertas suara untuk DPRD KALBAR justru nyasar di Jakarta. Akibatnya, surat suara itu tidak bisa digunakan. Salah hitung kertas suara di TPS Kebagusan, tempat Megawati Soekarnoputri mencontreng pun terjadi. Meski hasil penghitungan ulang tidak menunjukkan perubahan suara yang signifikan untuk kemenangan PDI-P di TPS tersebut.

Papua, menyajikan kisah yang lain lagi, penyerangan di SPBU pada malam sebelum tanggal 9 April, bom Molotov dan penyeranan ke kantor polisi membuat suasana pencontrengan Pemilu di sana berbeda. Hm…kesannya jadi menyeramkan.

Well, apapun yang terjadi…jadikan suara kita bermanfaat untuk negeri tercinta ini …!!

30 pemikiran pada “Treng, Di ConTreng ….

  1. hmmm
    pesta demokrasi yang banyak menelan biaya dan banyak membuktikan kemunduran bangsa. (dari coblos ke contreng aja makan biaya berapa banyak tuh?)

    yang saya heran, kenapa musti jari kelingking sih?
    (saya sendiri karena milih lewat surat ya ngga diwarnai kelingkingnya heheheh)

    EM

  2. @Ikkyu_san
    kelingking…karena jarinya paling kecil…tersembunyi…dan tidak terlalu kentara..he..he..

    @rawcanvas
    Yes, bang raw canvas..
    this is the election day for our future..
    Hope the best choisen

    @sunarnosahlan
    Insyaallah..

  3. saya adalah salah seorang dari ribuan bahkan mungkin jauh lebih banyak dari itu yang tergolputkan.

    Tapi tak apa. Moga PD, PG, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, P. Gerindra, P. Hanura (9 besar) dapat menempatkan kadernya yang bersih, peduli dan profesional di legislatif & eksekutif

  4. Sama kaya A’ Achoey,, golput dengan terpaksa ..
    hahaa ,,
    kamu udah baca suratku kan,, hehee …

    Eh,, Put Put … mau award dari aku gak ..??
    Diambil ya,, pliz🙂
    Hiburlah aku karena sudah sial sekali gak bisa ikut mewarnai jari kelingking,, heheee …

  5. the worst general election in Indonesian history🙂
    so many problems … and finally my party is the winner : golput, whahahaha (40% gak milih / kehilangan hak pilih)

  6. Sedih bgt saya ga ikutan contreng, karena saya sekeluarga ga terdaptar!!

    lagi pula saya lagi di Solo, jadi ga bisa ikutan nyontreng…

  7. Masalah golput, mungkin di kita lebih baik ngikutin kek di US. DPT itu orangnya mendaftar sendiri bukan didaftarkan sama KPU. Susah juga buat KPU ngedaftar penduduk yang berhak nyontreng se-Indoneisa yang database Kependudukannya masih belum rapi alias kacaw.

    Salam put, dah lama ga keliatan.

  8. Ping balik: kampanye damai pemilu indonesia 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s