Ketika Cinta Bertasbih the Movie

(sumber pic poster : dari sini )

Setelah berkali-kali melihat thriller film KCB, akhirnya aku putuskan untuk menulis sedikit tentang film ini. Film ini diterjemahkan secara visual dari novel dengan judul yang sama. Karya penulis Ayat-Ayat Cinta ini benar-benar dipersiapkan secara matang. Sebelum syuting dilakukan di Kairo, Mesir, tim KCB bahkan melakukan survei terlebih dahulu ke tempat-tempat yang disebutkan di dalam novel [tempat-tempat yang nantinya juga bakal dipakai dalam syuting film ini]. Yang tak tanggung-tanggung adalah para pemeran film ini didapatkan dari hasil seleksi yang ketat, seluruh Indonesia. Audisi puncak telah dilakukan 14 september tahun lalu dan berikut nama pemenangnya :

(sumber pic: http://www.eramuslim.com/fckfiles/image/tokoh/kcb.jpg)

1. M. CHOLIDI ASADIL ALAM sbg. AZZAM

Cholid, lahir pada tanggal 30 Maret 1989 adalah salah seorang santri di Pesantren Darul Islah, ia juga menjadi distributor salah satu produk sarung di Jawa Timur untuk dipasarkan ke Jakarta.

2. OKI SETIANA DEWI sbg. ANNA

Oki awalnya mendaftar untuk memerankan karakter Husna, namun kemudian ia disarankan oleh juri untuk masuk dalam kelompok pemeran Anna. Oki yang kelahiran Batam, 13 Januari 1989 ini adalah mahasiswa UI jurusan sastra Belanda.

3. ANDI ARSYIL RAHMAN PUTRA sbg. FURQON

Arsyil, pria asal Makassar kelahiran 15 September 1987, saat ini menjalani hari-harinya sebagai Mahasiswa di STIMIK Dipanegara, juga sebagai Duta Pariwisata Kota Makassar.

4. ALICE SOFIE NORIN sbg. ELIANA

Aktris yang satu ini telah lama dikenal masyarakat lewat berbagai peran yang telah ia mainkan di berbagai tv nasional. Alice yang lahir di Norwegia, 19 Januari ini bahkan mendatangkan guru ngaji 4x seminggu untuk mengasah kemampuan mengajinya.

5. MEYDA SEFIRA sbg. HUSNA

Meyda yang urang Bandung ini pernah meraih mahasiswa berprestasi ITENAS jurusan Teknik Lingkungan tahun 2008. Dara kelahiran 20 Mei 1988 ini ternyata sejak kecill sudah akrab dengan dunia modelling.

Terus terang melihat aksi-aksi di thrillernya, aku rada puas. Kenapa ? Karena sepertinya film ini memvisualisasikan novelnya dalam koridor yang searah. Dan betapa senangnya saat melihat dua buah piramid ‘nongol’ di film ini, dalam bentuk yang sejatinya😆 . Tampilan pasar Kairo…[hm..rotinya besar-besar, ya ?], bus-busnya [yang kalo dilihat2 mirip ama yang di Pekanbaru he..he..], taksinya [jenis taksi yang unik..he..he..] dan yang menarik adalah ada beberapa tempat menarik yang tersorot dalam thriller dan video klip Ketika Cinta Bertasbih yang dibawakan Melly Goeslow dan Amee. Satu hal lagi, penulis novel ini, Habibburahman El Shirazy, juga ikut berperan sebagai ustad Muhjab. Ustad ini tempat Azzam menyampaikan lamarannya untuk Anna.

Yang paling penting dari film ini adalah concern sutradaranya, yakni Pak Chairul Umam yang ingin agar film ini lebih fokus pada perjuangan Azzam dan nilai-nilai dakwah. Kisah cinta yang muncul adalah side effect dari film ini, sebagaimana kisah dalam novelnya.

Ketika Cinta Bertasbih

tayang 11 Juni 2009 di Bioskop-Bioskop seluruh Indonesia..


60 pemikiran pada “Ketika Cinta Bertasbih the Movie

  1. wah… kayaknya film ini menarik sekali nih……
    siapkan tabungan mulai dari sekarang…

    eh ya.. aku udah pernah baca bukunya..
    mudah mudahan sama menariknya dengan bukunya…. amin…

  2. @alfaroby
    Sip, By..
    Sepertinya film yang ini rada mirip ama novelnya…Soalnya Kang Abiknya juga ikutan main..🙂
    @shavaat
    kerudung hijau = Meyda, memerankan Husna, adiknya Azzam…
    @nAsruni
    salam, mas nAs
    Aih..aih…yang udah punya gandengan😆
    Sok atuh…
    tapi My-nya dijaga, ya…🙂
    @KiMi
    sepertinya thriller, ya, Kim…soalnya kalo Trailer biasanya identik dengan truk…
    hm..ntahlah kurang paham juga…he..he..
    @Tigis
    Tontonlah yang ini, mas…🙂
    Lumayan-lah…genre-nya khan beda. Kali ini Pak Chaerul Umam menyajikan cerita spt yang di novel [begitu menurut beliau yang Put baca di beberapa artikel]
    Siapa tahu bisa meng-inspirasi mas sigit untuk tidak ‘menyerah’😆

  3. Sempat dikirimin soundtrack ma thrillernya di FB, rasanya nga sabar juga lihat aslinya di 21. Kata-katanya (dialog) menyentuh banget. Tapi ngomong-ngomong, Alice Norin itu biasanya kebagian peran nga enak. mudah2n kali ini nggak.🙂

  4. semoga aja lebih baik dari ayat-ayat cinta…
    siap menjadi film andalan Indoneisa di festival film cannes atau festival film kairo…
    ya jangan hanya film horor aja yang keluar.
    film seperti ini bagusnya lebih sering dibuat dibanding film horor..saya rasa ide sutradara Indonesia lebih banyak dibanding jenis hantu diIndonesia..
    maju perfilmanIndonesia…

    ada infomasi menarik buat para blogger…
    ada kompetisi berhadiah laptop…
    caranya gampang dan daftarnya gratis..

    lihat disini
    http://escampur88.blogspot.com/2009/06/mau-dapat-laptop-gratis-dari-alnectnet.html

  5. Langsung cek jadwal.. Horay! Tgl.11 liburr.. Hehehe..😀

    Ehem, ehem.. Salam yah buat Arsyil.. Moga2 suatu hari nanti bisa ketemu.. Hehehe.. *ada udang di balik bakwan.com*

  6. Amin.. Moga lebih baik dari A2C yang lalu deh..
    Memang sih Mas Muzda, sulit banget kalo bawain novel ke layar lebar dengan pas.. Apalagi dunia perfilman kita masih kayak gini..
    Anyway, semoga dapat menghibur deh..

  7. @MT
    insyaallah…lebih bagus..
    Apalagi kalo udah lihat behind the scene-nya😆
    @sunarnosahlan
    Amin…amin..
    Jangan lupa ditonton juga, pak..🙂
    @SQ
    Kali ini Alice Norin kebagian peran ‘mewek’..he..he..
    Sip..I still hope this movie better than AAC
    @escampur88
    Insyaallah…

    Info mantap, nih, Ry…
    Hayo..siapa yang mau laptop gratis…😆
    @UchiE
    tanggal 11 hari apa, chi ?

    Gubrak…!!
    Masa’ ujung2nya ke sana, ya ?
    hwa..hwa…
    sepertinya menutup kemungkinan untuk yang lain, ya, chi…😆

    @Gempurr
    wah..mas gempur setipe ama shavaat…he..he..
    @Muzda
    I’m really hope it’snot, Da
    Ada perbedaan antara bahasa tulisan dengan bahasa visual..Namun put harap dengan keterlibatan Kang ABik di film ini…perbedaan itu tidak begitu jauh…
    Da…
    ntar kalo udah nonton jangan lupa buat reviewnya, ya…he..he..
    @Bram
    Bram..ralat..Muzda itu seorang ‘mbak’, lho…bukan mas-mas…:lol:

  8. Tgl. 11 hari Kamis, Put..
    Nobar yukkksssss..!

    Eh, serius.. Kali2 aja Ci bisa ke sana pas teman kuliahku yang terdampar di sana gara2 ikut suaminya yang Polisi melahirkan.. Maksud Putri apa niy..? Kyahahaha..😀

  9. @Gempurr
    oOww..jujur tho…😀
    @UchiE
    aku gak bisa… mesti ngampus :((

    ehem…hayah..hayah..banyak alibi, nih…
    pura-pura jadi kura-kura, ya ? he..he..
    @byah
    sepertinya semuanya bebas nonton, byah..apalagi yang sudah bayar karcis😀
    @achoey 😀

  10. smoga beneran meng eksplor habis2an keindahan mesir…. ga kae AAC yg rasanya kurang banget tuh nyentuh keindahan settingnya

    ^_^

    *pengennontontapikaenyagamungkindotcom*

  11. Kayaknya bagus ya…dan bersambung….
    Tapi kalau lihat resensi di Kompas (kalau tak salah) bagian pertama ini belum terlalu bagus, baru keduanya yang bagus…

  12. dan kalo setting-nya di Mesir, harusnya banyak bahasa Arab bertebaran, kan ya..😀

    *ente bahlul*😆 cuma ngerti itu😛

    tapi sepertinya menarik, kalo sampe piramid-nya juga diperlihatkan🙂

  13. Hmm …
    Saya punya bukunya …
    Mudah-mudahan filmnya bagus ya …
    walaupun aku yakin … tidak mudah mengankat dua jilid buku itu kedalam Film yang hanya 2 jam-an

    Salam saya

  14. @edratna
    wah..beneran bersambung, ya, bu ?
    Kalo memang sesuai dengan yang di Novel..*secara yang di novel juga terbagi dalam 2 bagian :D* Putri lebih suka bagian yang pertama…
    *sakit hatinya kena banget…he..he..*
    @Lily Ferliansyah
    Siip…😀
    *Tapi jangan lalai sama waktu sholat, ya, jeng…*
    @tukangobatbersahaja
    Iya, mbak Rin..selain pemandangan Mesirnya yang ciamik…ada juga tontonan asyik lainnya…Ada proses pengadunan tempe..he..he…*kali2 aja kita semua bisa sekalian jadi pandai membuat tempe*

    Amin…amin…Mudah2an banyak yang nonton😀
    Jadikan film negeri ini menjadi tuan rumah di negeri sendiri
    @Arm
    he..he..
    sepertinya….
    @Ando-kun
    *dipanggil ibu lagi…😦 *
    @nh18
    Harapan Putri juga demikian, pak NH
    hm..menurut bu edratna..film ini bersambung, pak…😀
    Meski Putri selalu suka dengan bagian pertama-nya😀
    @kawanlama95
    sip-lah..
    Itu bioskop di Yogya, ya ?

  15. Cinta adalah kekuatan
    Yang mampu mengubah duri menjadi mawar
    Yang mampu mengubah cuka menjadi anggur
    Yang mampu mengubah sedih menjadi riang
    Yang mampu mengubah amarah jadi ramah
    yang mampu mengubah musibah jadi bahagia
    Itulah Cinta

    Sekalipun cinta telah kuraikan dan kujelaskan panjang lebar namun jika
    cinta kudatangi aku jadi malu pada keterangan ku sendiri
    Meskipun lidahku mampu menguraikan namun tanpa lidah cinta ternyata
    lebih terang, sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya

    Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai pada Cinta
    Dalam menguraikan cinta akal terbaring tak berdaya bagaikan keledai
    berbaring dalam lumpur
    ========================
    kata-kata ini luar biasa mbak botanical square di Bogor
    hari ini aku nonton dapet yang jam 21.25 padahal tiketnya beli jam 14.00 hari pertama pengunjung membludak luar biasa. oke selamat menonton

  16. @wi3nd
    Oowh…
    Pemeran Anna, ya ?
    Apa perlu putri yang menggantikan,mbak ? he..he…
    Kalo Putri yang main mbak Wiend mo nonton ?:mrgreen:
    @kawanlama95
    Itu kata-katanya si Anna, ya ?
    Dahsyat…ampe hapal gitu dirimu…..
    Oh..Bogor, tho ?
    @kohrudi
    Sepertinya gak seperti AAC, deh, Mas…
    Yah, coba ditonton saja..untuk membuktikannya😀
    @nenyok
    Barangkali mbak Ney belum tertarik…😀
    Yang mana ? Sebelah kanan ? Yang perempuan, ya ?
    Jiha…setipe ama mas Gempur…he..he….
    Loh yang sebelah kiri juga, ya ? he..he..

  17. dateng lagi .nonton ini seperti melihat diri sendiri.
    aku sdh pernah berbicara 4 mata dengan penulisnya.
    tonton aja bagus.film pencerahan lucu abis dan mengairahkan bagi dunia perfileman

  18. @Insan
    Terima kasih atas kedatangannya… ^_^
    Oh, ya?
    Mas insan yang main sebagai siapa, ya ?
    Put belum nemu, nih, mas..fotonya.. ^_^ *peace, ya ..*
    Mas insan sudah nonton belum ?
    @kawanlama95
    Wow…
    Salut !!
    Mas kawanlama…direview dong film ini di-blognya…nanti Putri mampir…OK ? ^_^

  19. kamu sudah nonton? bahas donk reviewnya? kok sebagian blogger merasa kecewa akan film ini ya? katanya jauh dari kata berhasil..

    Belum nonton eui…😀
    Kebetulan kemarin ngecek beberapa review-an para blogger.
    Sebenarnya kalo Put lihat..tergantung bagaimana diri kita menempatkan pandangan, sih…
    Apakah kita menempatkan diri sebagai kritikus atau hanya pengamat….
    So, kalo mo lebih pasti…coba di tonton saja dulu…dan kita lihat bagaimana pendapatnya mas penk..😀

  20. Kapan niiie Ketika Cinta Bertasbih 2 tayang ??????

    Mesti udah nonton KCB 1, ya ?
    Sabar…sabar…
    Katanya KCB 2 lebih seru lho…*bikin viietry penasaran [dot]com*

  21. sy kurang begitu mengamati perkembangan film di Indonesia.
    tapi dari sequel ceritana di atas, sy bisa nilai bahwa ini film yg bagus. yg nulisnya juga bagus. apalagi yg ngomentarinya:mrgreen:

    Untung lebih yakinnya film ini memang harus ditonton, pak…:mrgreen:

  22. aku SUka banget nOntonnya Yang g bikin Puas Harus BersaMbung…hehehhehe bayarnya jadi DOubeL.
    Tapi Kalau DOubeL gpp asaLkan terbayarkN..hehheheheh

    Thanks atas appreciate-nya ie_dha
    Dukung terus perfilm-an Indonesia, ya…

  23. Azaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmm… *ngences2 mode on* hehe…

    mari nobar jeng put… (rock)

    *Cari ember buat nampung ilernya mbak Anna ato mbak…?? he..he..*
    Kyaa…!!

  24. ass..mau download film gratisnya gimana yach>>kan udah di putar..??seminggumi juga yach..


    Waalaikumsalam wr wb
    Cepet bener, bro…baru juga seminggu…
    Nonton di Bioskop dulu aja…he..he… *promosidetected*

  25. “biar lambat asal selamat” bukannya menandingi slogannya JK lho, yang “lebih cepat lebih baik” tapi ane merasa telat untuk berkunjung di blog ande.
    Sebelumnya ane katakan “Ane titip obrolan eNggeh…”
    Bayangkan ketika cinta sudah tidak bertasbih, berarti reting penjualannya menurun. itu menandakan bahwa cinta yang yang seharusnya digunakan untuk memanjatkan ayat-ayat Allah sudah beralih fungsi, menjadi cinta yang mendendangkan ayat-ayat pemujaan hafsu. nafsu yang tidak terkontrol yang menyebabkan kesucian cinta itu hilang. maka biarlah, cinta itu bertasbih membesarkan nama Allah. jangan hanya sebagai judul.
    Makasih ya, telah menampung obrolanku. Cz hanya inilah yang bisa Ane lakukan untuk mengobati kerinduan pada sahabat- kawan karip tercinta. salam dariku untuk semua.

    Hm…

  26. wahhhh yang pemeran ananya kurang mantap…mendingan husnanya ja yang menjadi ana…kan cantik ghetoooo loooooh

    he…he…
    Begitu, ya…?
    Kalo saya mah..yang mana aja-lah…Gak jadi soal😀

  27. SuBhAnAALLAH….
    FiLm Yg DiangKaT dARi NoVeLnya KanG aBiK ini,, Bener2 InsPiratIf,, DiTamBah DnG pEmeran2 bARu yg meNarIK jGa…^^
    SuKsES SeLalu Ya TuK sEmUa KrU KCB 1 N 2…
    DiTUnggU nIY NoVeL daN FiLmnya “Dari SuJuD Ke SuJuD”…
    SmoGa CePet KeLarnya N mAKin SuKsEs ….^_^

    aMmmmiiiiii…nnn…^_^

    Ada film baru lagi ???
    Ehuiiiiiiiiiiii
    saya baru tahu…he..he..

  28. aku seneng bgt nonton KCB walaupun g’ baca novel’e pie seru aaabbbiiiieeeeezzzz…….aku paling suka pemeran Ana,karena keliatan’e alim bgt


    great..great…!!
    Dukung terus Perfilman Indonesia..😀

  29. filmnya Bener2 InsPiratIf,
    udah berapa kali nonton egx bosen” …..


    wah..ternyata mbak novi penggemar KCB🙂
    Hikmah film ini memang bagus sekali, mbak… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s