Peng-optimalan Fungsi ^_^ “Hidung”

Ini adalah pertanyaan konyol ala penggombal yang kadang kala kudengar dari tivi…

“Bagian tubuh mana dari diri anda yang paling menarik?

Dan para pemberi jawaban akan menyebut salah satu anggota tubuh mereka. Mulai dari mata, hidung, bibir, rambut, otot…sampai hal yang aneh-aneh.

Aku tidak menyalahkan jawaban-jawaban itu. Karena setiap manusia condong pada rasa ketertarikan tertentu…bahkan termasuk pada tubuh mereka. Ada yang menyukai matanya…hingga ia akan memberi efek tertentu hingga matanya terlihat menjadi super menarik. Meskipun, pada dasarnya mata indahnya tetaplah indah tanpa ia polesi dengan berbagai bahan-bahan kimia.

Satu hal yang membuatku miris adalah ketika seseorang merasa bahwa hidungnya tidak cukup mancung atau matanya tidak cukup ‘belo’. Ia merasa kekurangindahan organ tubuhnya itu harus di’permak’ dengan berbagai operasi. Sungguh aku merasa sedih…

Pendapatku pribadi, sepanjang fungsi organ-organ tubuh kita dapat berjalan dengan baik adalah lumrah memperlakukan mereka dengan sewajarnya juga. Tanpa harus mem’permak’ dan meng’obrak-abrik’ ciptaan Tuhan Yang Maha Sempurna.

Aku ingin membahas satu persatu tentang ‘kebaikan’ fungsi dari setiap organ yang ada. Namun, ku rasa kali ini tulisanku akan berfokus pada fungsi hidung dulu😀 .
Allah SWT menciptakan hidung sedemikian sempurna komplit dengan seperangkat chip-chip detector dan kabel-kabel syaraf yang perannya sangat dahsyat.

Kita tahu bahwa hidung adalah indera penciuman yang fungsinya membaui segala sesuatu. Ketika hidung menerima rangsangan berupa bebauan maka ia akan mengirim sinyalnya ke otak dan otaklah yang akan menganalisa hasil bebauan itu kemudian kita akan mengetahui jenis apa bebauan itu hingga akhirnya memberikan respon yang tepat terhadap bebauan itu.

Membaui aroma harum dan lezat adalah hal yang menyenangkan. Fungsi ini selalu menarik untuk dikaji. Kita barangkali pernah menciumi aroma lezat kue panggang dari oven, bau buah durian yang biarpun menusuk tetap saja baunya harum (he..he…tentu saja terkecuali bagi bukan pecinta durian..😆 ), aroma rendang yang sedang di gulai, aroma sate, aroma martabak  dan semua aroma makanan yang membangkitkan selera… (yummy..yummy.. :drooling: ).

Bahkan ada sebuah riset yang menyatakan bahwa seseorang bisa menemukan pasangannya melalui aroma tubuhnya. Mereka membaui baju-baju pasangannya yang telah dicuci tanpa memakai pewangi hingga bau khas dari si pemilik baju masih tetap utuh.  Agak aneh memang…namun para peneliti ini mengatakan bahwa seseorang akan cenderung memilih seseorang yang ia sukai aroma badannya (ini juga dipengaruhi dengan genetic dari keduanya, sih..he..he..)

Fungsi menakjubkan dari sebuah hidung adalah ketika ia menjadi ‘alarm’. Bayangkan jikalau, hidung kita tidak berfungsi dengan baik hingga ia tidak bisa membaui bau gosong dari masakan kita, bau hangus dari kabel yang terbakar, bau pesing dari popok adik kita, bau busuk dari sampah yang ada di belakang rumah ataukah bau gas yang bocor dari dapur kita….Wallahualam….

Daging yang letaknya dibawah kedua mata kita, yang bertulang rawan dan rentan sekali ‘penyok’ atokah patah ini tidak hanya pemanis wajah. Namun, punya fungsi  dasar dan fungsi turunan yang dahsyatnya luar biasa…..

Luarrrrrrrrrrrrrrrr Biasa ….!!

source pic: here

9 pemikiran pada “Peng-optimalan Fungsi ^_^ “Hidung”

  1. setuju banget dah, yang jals, kecantikan atau ketampanan bukan untuk orang lain kecuali suami atau istri kita, kalau mereka dah cinta, nggak usah mempedulikan omongan orang, ntar malllah menyalahi kodrat… hehe

  2. waaah… bagus postingannya… jadi mengingatkan supaya selalu bersyukur… untung hidung kita bentuknya ga mirip hidung gajah atau hidung ayam ya..😀 hehehe

    semoga selalu dimudahkan urusannya…🙂

  3. iyah gak kebayang ajah klu fungsi dari hidung itu sudah tidak normal..

    semua anggota tubuh itu sempurna saling terkait satu sama lain,gak ngerti ajah sama mreka yang suka mermak sana sini wajahnya🙂

    Tengkyu putri for share this🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s