Tropical Storm Aere…..

source pic dari sini

Dua buah tangan tergapai-gapai ke atas, berebut hendak mengatur AC bus yang kami tumpangi. Beberapa orang juga mengambil posisi di pojokan dekat jendela yang merupakan garis lurus dari AC bus yang terpasang di bagian atas langit-langit bus (bener apa enggak, ya ? he.. he.. saia gak tahu istilahnya…itu lho yang bagian atas mobil). Nah, saia sendiri juga gak mau ketinggalan… Angin dingin dari AC itu cess-plang langsung ke badan… sejuuuuuuuuuuukkkk.. dibandingkan dengan cuaca luar yang panas…padahal sudah sore😦 .

Beberapa hari terakhir cuaca di tempat saia memang aneh. Lebih panas dari biasanya (walaupun biasanya juga sudah panas.. he. he..). Waktu itu saia bela-bela-in lihat di google. Tapi di situ tertulis suhu sekitar 28 derajat walaupun kelembaban dan kondisi angin sangat rendah. Agak-agak tidak percaya dengan suhu-nya. Secara sebelum kondisi yang sekarang ini suhu sehari-hari saja sudah mencapai 30 lebih… Apalagi ketika seorang senior mengatakan bahwa suhu di tempat aku tinggal sekarang ini mencapai 40 derajat….(yang mana yang bener, nih ? )

Kemarin, aku menghadiri acara taklim yang kebanyakan pesertanya adalah para ibu-ibu. Mereka pun mengeluhkan tentang udara yang ‘panas’ luar biasa. Salah seorang ibu-ibu di sana mengatakan bahwa alat ukur suhu di mobilnya (aku lupa apa namanya…padahal si ibu sudah nyebut2 nama alat tersebut :D) mencatat bahwa suhu di luar adalah 41 derajat… Wewwwwwwww… panas nya… !! Terus dikonformasi oleh ibu-ibu yang lainnya…bahwa alat ukur yang mereka punya juga menunjukkan kisaran angka yang sama… Walah ndalah….

Jadilah, kali ini memanfaatkan jasa mbah google untuk melihat penyebab cuaca panas beberapa hari belakangan.. menurut sumber yang di sini, dikatakan bahwa gelombang panas yang meliputi Malaysia, Indonesia saat ini adalah efek dari Tropical Storm Aere yang melanda Filipina. Efek gelombang panas dan udara keringnya ikut meningkatkan suhu di sekitaran lautan pasifik.

Berhadapan dengan cuaca yang panas bisa menyebabkan dehidrasi. Jika sudah mulai merasakan sakit kepala, mual, lesu, kram, pusing, konsentrasi berkurang…berarti sudah tanda-tanda dehidrasi.. Segeralah memperbanyak minum termasuk di dalamnya minuman isotonik tetapi jangan minum yang berkafein ataupun alkohol. Kalau tidak terlalu penting ada baiknya tidak keluar rumah. Pun menggunakan payung dan selalu membawa air minum ketika bepergian adalah pilihan yang bijak..  :D

source pic dari sini

Berikutnya….saia lebih memilih ngaso di tempat-tempat yang AC-nya menyala ataupun kipas anginnya kencang sambil berkali-kali meneguk air putih…Semoga gelombang panas ini bisa segera berakhir… Aamiin

12 pemikiran pada “Tropical Storm Aere…..

  1. Kalau di Jepang musim panas bisa mencapai maksimum 43 derajat. Topi atau payung bisa mengurangi radiasi matahari, tapi minum secara berkala, sedikit demi sedikit meskipun tidak haus juga bisa mencegah dehidrasi.
    Hari ini di Jepang hujan max 14 derajat. Padahal kemarin mendung dengan 22 derajat. Beda suhu mendadak seperti ini bisa membuat sakit😦

    EM


    43 derajat ? waaaa puanas banget, mbak…
    iya.. mbak.. padahal beberapa bulan sebelumnya kita malah kedinginan….terus sekarang malah kepanasan…
    perubahan cuaca mendadak…menyebabkan tubuh harus segera adaptasi, ya, mbak ?

  2. Sudah tiga hari kondisi drop, jangan2 karena tropical strom aere ya atau karena emang saya yang gak pinter jaga kesehatan🙂


    barangkali karena dua-duanya, pak….cuaca yang terlalu terik menyebabkan kita dehidrasi
    semoga segera pulih, pak..

  3. oooh itu toh penyebabnya. saya malah cuma tertanya2 saja tanpa kepikiran nanya om gugel penyebabnya hehehe
    klo bisa diam di ruangan sih bisa diatasi dengan ac/kipas+air es, tapi klo di luar? Gimana mungkin?! Yes, untung saya sih selalu ingat bawa sebotol air mineral, selain lebih murah bawa sendiri dari rumah, juga kapan aja haus bisa langsung minum. hehehe


    bener, mbak..
    kemana-mana bawa botol air…plus payung

  4. Amiiinnn …
    Ya … minum yang banyak nih …
    Salah satu solusi yang jitu

    Salam saya


    iya, pak… beneran jadi lebih sering minum, nih…
    apalagi yang ber- es-es.. he.. he…:mrgreen:
    di Jakarta bagaimana, pak ?

  5. di Goteborg juga udh mulai panas…20C hari ini. smua justru senang, berjemur dg pakaian yg mini2. padahal biasanya…:)

    tapi beberapa hari yang lalu perubahan cuaca malah berkebalikan dengan yg terjadi di Indonesia dan Malaysia. kalau di Indo dan Malay terkena efek strom aere dari Filipina dan cuaca panas banget…, di Goteborg malah temperature udara turun drastis sampe2 hail alian hujan es, padahal sudah beberapa minggu sebelumnya suhu berkisar 15-20C. tapi kurang tau juga apa penyebabnya, belum sempat tanya mbah google hehehe….:)


    20 derajat ? itu mah dingin, yan….bisa melungker-lungker gak jelas kakak.. he.. he..
    udah mule lupa ama suhu negeri sendiri, ya, yan ? he.. he.. *kidding, yan😀

    beberapa bulan yang lalu di tempat kakak juga sempat mengalami ‘pendinginan’.. siang hari suhu 26 derajat dan malam hari pernah juga drop ampe 24-an…
    tapi yang sekarang… bener, deh….cuaca berubah drastis..

  6. Iya lho, kata berita di tipi, warga Medan sampe pake payung ato jaket supaya gak kena paparan langsung matahari.😐
    Pikir saya, “sampe segitunya ya, panasnya…”😐


    iya lho, sop…
    panas banget…
    baru pukul 10 pagi tapi suhunya udah kayak jam 12 siang…. (ngitungnya gak pake termometer, sih..tapi dikira2 aja..he..he..)
    apa di bandung gak ada perubahan suhu yang drastis, ya, sop ?

  7. sekarang gimana kondisi cuacanya, masih panaskah? untung di tempatku suhu udaranya sejuk malahan hujan setiap hari🙂


    Alhamdulillah hari ke-4 sudah turun hujan…
    tapi sekarang2 ini malah panas lagi… meski tidak sepanas hari2 sebelumnya.. ^_^
    Wah… bogor benar2 mempertahankan image-nya, ya.. ^_^ he. he..

  8. yang saya tahu, dari hampir sebulan lalu, cuaca emang panas banget… bahkan jam 10 pagi aja, panas nya terasa seperti jam 12 siangan. Hufff….

    jadi, itu karena Tropical storm Aere ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s