The Charisma of Sport Group

Apa bedanya antara olahraga keroyokan alias beramai-ramai atau kelompok dengan perseorangan ?

Selain dari segi jumlah, tentu saja aturan main, kesolidan pribadi dalam satu kelompok akan menjadi permasalahan sendiri. Tetapi saia tidak membahas tentang kelebihan dari olahraga beregu atau perseorangan.

Kita melihat bagaimana pesona sepak bola menjadi magnet yang luar biasa untuk menarik ribuan orang mengisi stadion yang luar biasa besarnya. Mengisi kursi-kursi kosong di tribun yang bahkan tanpa atap. Seperti juga bagaimana baseball, kriket, football (ala Amerika), basket mampu melimpahruahkan jalanan dengan fans mereka. Menjubeli tiap sudut gelanggang dengan remaja tanggung, anak-anak dan tentu saja orang dewasa yang dengan semangat menggebu mereka duduk di setiap tribun sambil minum cola, kerupuk, snack ringan, aksesoris klub dan keriuhrendahan mereka. Luar biasa, menarik dan unik.

Gambar

Sumber gambar dari sini

Unik, karena….sepengetahuan saia, baru sepak bola, basket dan beberapa olahraga beregu lain yang ‘menang-kalah’nya mampu mengubah keceriaan fans nya menjadi kekerasan. Pengrusakan, hancurnya benda-benda di sepanjang stadion, keributan, perkelahian antar fans sehingga muncul hooligans (di Inggris), bonek (di Indonesia). Satu hal lagi, kerusakan ini bukan hanya ‘mungkin’ terjadi ketika klub pujaan mereka kalah bahkan tatkala klub mereka menangpun keributan bisa muncul.

Menurut pandangan saia, olahraga beregu berhasil memberikan aura ‘kejamakan’ mereka kepada penonton sehingga penonton merasa bagian dari kemenangan atau kekalahan klub tersebut.

Saia memang belum pernah berada di tribun penonton. Beramai-ramai dengan fans atau suporter lain meneriakkan yel-yel atau menyanyikan lagu semangat untuk tim yang didukung. Tapi, adalah luar biasa,  (bagi saya), melihat keramaian yang tidak saling kenal itu bisa saling berpadu padan untuk kemudian berdiri bersama, bertepuk tangan mendukung klub yang sama.

Kesamaan, kekompakkan menjadi sebuah benang merah pemersatu. Dan saia merasa, olahraga beregu ini.. somehow punya karisma tersendiri…. ^_^

3 pemikiran pada “The Charisma of Sport Group

  1. Ya … memang begitu …
    dan sebaliknya … seperti yang Poet tuliskan disini …
    ini juga berpotensi untuk menjadi “bom waktu” yang senantiasa siap untuk meledak …. dimana saja .,.. tak peduli apapun situasinya …

    Seperti kejadian di Jawa Tengah kemarin …
    (untung Warga melawan … sehingga mereka … para supporter itu tidak bisa bertindak seenaknya saja…)

    Salam saya


    Iya, pak..
    Mengerikan rasanya melihat keramaian/massa yang diamuk kemarahan hanya karena tim kesayangan mereka kalah *misalnya*
    Jatuhnya, kebersamaan mereka menjadi terasa konyol… karena bertindak tanpa memperdulikan akal sehat… </blockquote

    >

  2. tergantung orangnya juga sih, ada juga gerombolan fans fanatik yang emang suka bikin keributan. Timnya menang tetep aja bikin rusuh di kota, merayakan dengan minum2 sampe teler dan akhirnya bikin onar. Kalo kalah apalagi ;))

    olahraga individu macam badminton juga supporternya nggak kalah benernya, cuma tempat nontonnya aja yang nggak gitu luas jadi kebanyakan mendukung dari rumah biar lebih enak juga nontonnya :p

    olahraga beregu macam tarik tambang (1 regu kira2 10 orang, eh ini olahraga bukan sih?) biasanya cukup tertib pendukungnya, cuma teriak2 nyemangatin doang, kalah menang ga terlalu gimanaaa gitu


    badminton memang lebih asyik ditonton dari rumah, Tam…
    Tapi kata temen yang nglihat langsung pertandingan di stadion.. Pertandingan antara pemain badminton Indonesia vs Malaysia… lebih seru dilihat secara langsung.. he.. he..
    Kalau tarik tambang memang deh.. gak pake banyak suporter cuman perlu banyak pemain aja.. he.. he.. 😀 Yang heboh biasanya pemainnya ketimbang suporternya:mrgreen:

  3. owh kharisma yah put?

    unik ya,tak kenal,tak tau tapi bisa menyatu dalam gelora semangat yang sama menyemangati salah satu team kesayangannya,,,,


    Kurang tahu istilah ‘pas’nya apaan…😀
    Tapi kalo mood suporter bagus… permainan tim pastinya juga kebawa.. tapi kalo aura nya udah ‘panas’ sepertinya ikut kebawa ama permainan tim juga, mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s