Let see our TeamWork !!

Beberapa waktu yang lalu, saat mentari sudah condong ke barat dan lalu lintas mulai padat. Sebuah angkot hijau menelusuri jalan Soekarno Hatta. Ada percakapan singkat antar kenek –supir angkot di kursi depan.

“Kenapa uangnya sedikit sekali hari ini ?”
“Memang segitulah, bang…Khan sekarang ongkosnya sudah turun..”
“Tapi kok tidak seperti biasanya ?”
“Masa’ abang tidak percaya dengan saya ? Coba tanya dengan kakak-kakak tu..”[menunjuk penumpang yang berada di belakang]
“Tadi ..ongkosnya 2 ribu, khan, kak….?!! 2 ribu ?!!”

Si supir hanya menggerutu karena uang setorannya sedikit dan si kenek tampak pias di kursi sebelah si supir.

Kelihatan jelas ada ketidakpercayaan kepada si kenek. Si supir curiga-an.Hubungan antara kenek-supir adalah simbiosis mutualisme. Si supir membutuhkan seseorang yang dapat mencarikannya penumpang, lihai melihat kesempatan [baca: teteup cari penumpang😀 ]. Dan si kenek membutuhkan ‘imbalan jasa’ dari si supir. Supir meletakkan tanggung jawab finansialnya pada si kenek yang sekaligus merangkap bendahara perusahaan mini mereka. Mengatur uang masuk [dari penumpang] dan uang keluar [untuk beli minyak, minum, deelel]. Jika mereka tidak saling percaya, bagaimana ‘usaha’ mereka bisa maju pesat…

Seperti halnya dalam kelompok-kelompok kecil lainnya….

Kelompok belajar kita, rekan satu tim proyek, teman makan, teman satu kamar dan aktifitas lainnya yang melibatkan orang-orang dalam kelompok.

Berada dalam suatu kelompok akan memberikan banyak hal. Mulai dari menghargai pendapat orang lain, perasaannya, menyatukan berbagai perbedaan, mengatur waktu, kepemimpinan dan segala hal yang berkaitan dengan kebersamaan dan kerja sama.

Bagaimana kita menghargai waktu seseorang yang tercurah untuk tim sementara kita dengan lenggang kangkung selalu terlambat saat rapat, mengantuk, tidak pernah memberi pendapat, dan selalu menolak pekerjaan yang diserahkan kelompok kepada kita. Tidak pernah berkontribusi apa-apa tapi selalu yang paling keras protesnya, menyakiti hati teman-teman se-tim tapi selalu merasa sok cool. Alamak…!! Apa jadinya dengan teamwork ?

Pekerjaan [bisa saja] beres tapi hubungan ‘kerja’ dan silaturahim antar sobat kerja sudah rusak berkeping-keping. Senyum boleh saja saling mengembang tapi hati sungguh beku..

Argh..betapa tidak ‘nyaman’nya hidup seperti itu….!!

Sebagai, person yang bakal berada dalam ‘tim’ [insyaallah], mempersiapkan mental baja dan ‘attitude’ yang baik adalah suatu keharusan. Mengingat beberapa pengalaman berada dalam tim [baca: kelompok], hati yang lapang dan senantiasa ‘mempersiapkan’ diri untuk bekerja keras akan menjadikan kelompok sehat dan tentu saja produktif..

[Fakta ttg kisah si kenek-supir]

Si kenek tidak menarik Rp.2000 per orang. Jika ada penumpang yang uangnya berlebih dan harus dikembalikan maka ia akan mengembalikannya kurang Rp.500 dari yang seharusnya..

45 pemikiran pada “Let see our TeamWork !!

  1. kerja tim seperti supir dengan kenek. sebuah contoh yang mudah kita dapatkan tapi bisa jadi tak pernah terpikirkan oleh kita yang kadang merasa repot kalau harus kerja dalam tim

    He-eh..
    Kerja tim yang sangat sederhana tapi bisa snagat berarti

  2. teamwork itu memang susah-susah gampang ya. Tapi biasanya kalau ada satu yang bisa “menengahi” akan sukses deh. Masalahnya adakah orang semacam itu dalam team kita. Kalau tidak ada, seharusnya kita berusaha menjadi “sipenyatu”

    EM

    Si penyatu itu alangkah baiknya seorang pemimpin..meski terkadang ada kalanya seseorang yang ‘berpotensi’ menjadi pemimpin tapi masih belum menjadi pemimpin

  3. mimpin tim apalagi yang sukarela (ga dibayar) susah sangat…

    iya..benar, mang..
    barangkali karena itulah diperlukan pemimpin yang bisa merangkul anggota timnya,..

  4. kerja tema paling sulit klo semuanya ga kompak, seperti kelompok ki dimata kuliah anaisa dan perancangan Sistem Informasi, susah klo semuanya ga kompak😦, ooo ade ari emang keterunana Japan, dia ade angkata ri, ari anak yang dihidupi sejak SMP🙂, tapi mereka baik sama ari kok🙂, semangat putri san🙂

    bener , ri..
    Kompak itu perlu..
    Wah..ternyata punya saudara Jepang, ya..😀

  5. saling mencurigai awal dari suatu perpecahan padahal bila satu sama lain kompak maka ketika menuju suatu tujuan akan mudah tercapai…tapi kondisi dilapangan terkadang laen

    Tepat sekali om…

  6. hmmm… team work emang susah… tp lebi susa lagi klo kerja ndiri😀 … coba aja si supir suruh skaligus jadi kenek…:mrgreen:

    he..he..iya, mbak…
    sepertinya pengalaman pribadi, ya, mbak..:mrgreen:

  7. Setuju …
    Kerja tim yang baik itu …
    dimulai dari hubungan pribadi yang baik …
    or at least tidak bermasalah …

    trust and care

    hubungan pribadi yang baik…bener banget, pak..

    Salam saya Poet
    NH18

  8. Kembali teringat masa2 kul en ko-as.. Mmmhh.. Tim yg solid output’nya pun baik, demikian jg sebaliknya. Masalahnya menyatukan “kepala2 yang sama hitam tp msg2 hati berbeda” itu dlm tim emang susah2 gampang. Diperlukan empati. Perlakukan org lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.

  9. Putri di Jakarta?
    Sorry ya, sudah lama nggak kemari. Tahu-tahu theme blog ini sudah beda. Apa kabar?

    Soal kerjasama antara Sopir dan kenek itu bisa dimaklumi, barangkali kenek yang diangkat jadi asisten itu kenek cabutan/tembakan. Jadi soal trust, nggak bisa diuji. Trust hanya satu dari sekian banyak syarat agar kerja sama sukses, lah trus sendiri salah satunya terbentuk dari kejujuran. Begitu kan Put?

  10. Untuk mendapatkan tim yang ideal sepertinya harus nunggu dulu ampe unta masuk lubang jarum Put .. heheh

    Realistis itu perlu walau harus tetap optimis (ini yang lebih susah sebenernya..)
    So, mnurut ogut ga usah tunggu ampe tim itu ideal, masalah selalu ada seperti halnya keberadaan tim itu sendiri, dan masalah akan hilang ketika tim itu hilang.

    Last but not least, tujuan itulah yang menjadi acuan anggota tim, selebihnya.. hanya bumbu2 pemanis aja (atau asin juga yah..hehe)

  11. Membentuk team work yang ideal memang susah-susah gampang.
    Dalam perjalanan hidup, kadang saya juga harus berada dalam satu team work.
    Kadang nemu yang bagus secara keseluruhan, kadang juga nemu yang semuanya gak bagus…
    Pinter-pinter mencari saja

  12. pada akhirnya orang akan menyadari bahwa kondisi “everyone happy” itu bisa terjadi bilamana mereka tidak bekerja sesuai harapan…

    setiap ada interaksi pasti ada konflik. tinggal bagaimana setiap anggota tim menilai konflik tersebut dan sebagaimana jauh mereka mengutamakan tujuan pribadi di atas tujuan tim nya.

  13. si sopir ama kenek mgkin punya agenda masing2x ya. Kyknya lebih enak mempercayakan keuangan sama org yg emang bener2x kita percaya. Tp khusus buat kasus sopir ama kenek, gue terus terang ga begitu suka sama kenek angkot. Soalnya ga ada fungsinya. Duit kan bisa aja dikasi langsung ke sopir. Beda kalo bentuknya lebih ke arah metro mini.

  14. jadi teringat team work sebuah kombinasi dimana digambarkan satu orang hingga beberapa orang menyanyikan lagu Canon. memberikan bahwa semakin banyak orang yang terlibat dalam team, dapat memberikan efek yang baik(bisa juga buruk) terhadap performansi team itu sendiri.

  15. yup, sukses tidaknya sebuah tim dalam bekerja ditentukan dari sejauh mana mereka mampu saling percaya satu sama lain. karena inilah inti utama dari kerja tim. tidak ada saling percaya, hanya akan membawa pada kegagalan.

  16. alow teman-teman blogger…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

    silahkan daftarkan url artikel disini

    keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat disini

    akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

    IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

    by. komporizer tim : septa 🙂

  17. Team work; menekan ego adalah penting karena ketika ego berlompatan keluar dan tidak terkendali, yang ada adalah berebut merasa benar.

    Memang benar, harus ada yang menengahi. Dan patutnya, si penengah itu memang harus bisa didengarkan, dan bukannya memihak…🙂

  18. Berusaha jujur, ikhlas dan tidak berhenti berbuat apa yang bisa kita sumbangkan dalam komunitas / team work adalah kuncinya. Perpecahan biasanya datang saat kita cuma saling mengandalkan, sehingga tidak ada yang berbuat.

  19. @FaNZ
    tul, FanZ..kepercayaan adalah modal utama dalam sebuah tim dan relasi
    @ryan
    he…he….Kalo sekarang mah udah bisa dituker ama pulsa, nih, ryan..😀
    @UchiE_Ar-Razi
    Bener banget, chi…
    @mbak maya
    salam kenal kembali, mbak..
    @UchiE_Ar-Razi
    Gitu, ya ? Mandiri sekali supir2 Medan, ya ? he..he..
    @yodama
    he-eh…he-eh..
    @nRa
    Di Taiwan adanya bus, ya, nra ?
    @achoey
    Iya, kang…tapi untuk membentuk kesamaan pemikiran itu bukan hal yang sepele juga, khan, kang ?
    @wi3nd
    iya, mbak Wiend…
    @agoyyoga S
    Mbak yoga…
    Kabar baik…Mbak yoga, gimana ?
    Sepakat, mbak…!!
    @Gempurr
    Agak susah kalo nunggu harus ketemu ideal, mas…
    Asalkan deket2 ke arah “lumayan” dari ideal..boleh lah..setidaknya ada faktor kepercayaan, kesamaan visi&misi dan kebulatan tekad..😀
    @Nin
    Iya, mbak..tampaknya..kudu pandai2 memilih teman se-TIm, nih…atowa pandai2 memanage diri jika berada dalam suatu Tim…😀
    @aCIst
    Wuih..yang punya teamwork yang solid..:mrgreen:
    @enggink
    Wah..mas enggik…mudah2an premasalahannya bisa cepat kelar, ya…
    @ummiega
    hem..hem..barangkali harus dibiasakan berada dalam satu kelompok, ya, mbak ?
    @jiwakelana
    he-eh…sepakat sekali
    @aziz
    Bukannya itu artinya terlalu bergantung, ya, pak…Hal2 seperti ini tampaknya membuat tim jadi pincang..
    @kenji
    Menilai konflik..dan mengatasi konflik…
    @Tigis
    agenda masing2, ya ? he..he..
    @depz
    perumpamaan yang menarik…jadi inget sama POwer Rangers..😀
    salam kenal kembali
    @thegands
    he..he..
    bener…bener..
    @kahfinyster
    Yupe…yupe..
    @ahsinmuslim
    kekompakkan..dalam satu tujuan

  20. @kenuzi50
    jadi keinget ama pelajaran PPKN, nih..kalo kayak gitu…he..he..
    @septarius
    Di roger…mbak septa..
    @jeunglala
    Pemberi solusi dalam tim..bukan penambah masalah..😀
    @hmcahyo
    silahkan….
    mo minum teh hanget, pak ?😀
    @Rindu
    Teamwork bener tuh, mbak..
    @emfajar
    Yap..bener sekali, jar..
    @portalwongsukses
    Amin..amin ya robbal alamin
    @tuansufi
    Ikhlas dan berlapang hati, ya, pak ?
    @nAsruni
    Deu..yang udah mo walimahan…
    Sip…Tul, mas..Pernikahan…adalah salah satu teamwork yang kekal abadi,..
    @wi3nd
    IYa, mbak…
    sejenak..sibuk.. he..he..
    Terima kasih, ya, mbak…
    @silmikaffa
    Waduh..trauma banget ama angkot, ya,
    @ibu rumpi
    he-eh..
    bener banget, bu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s